Tingkatkan Keamanan Blog Dengan Plugin Better WP Security

Tingkatkan Keamanan Blog Dengan Plugin Better WP Security

Tutorial Information

ProgramWordpress
DifficultyPemula
Estimated Time15 Menit

Seperti yang Saya janjikan pada artikel sebelumnya, kali ini Saya akan memberikan ulasan sekaligus panduan meningkatkan keamanan blog WordPress dengan menggunakan plugin Better WP…

Seperti yang Saya janjikan pada artikel sebelumnya, kali ini Saya akan memberikan ulasan sekaligus panduan meningkatkan keamanan blog WordPress dengan menggunakan plugin Better WP Security. Plugin ini mempunyai fungsi dan kemampuan yang cukup mumpuni dalam mencegah kegiatan hacking atau tindakan ilegal lain yang berusaha memasuki sistem bahkan merusak. Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi, berbanding lurus dengan tindakan jahil segelintir orang yang tidak bertanggung jawab, tak terkecuali blog-blog pribadi yang sebenarnya tidak memberikan benefit apapun kepada mereka. Langsung saja, mari kita bahas tutorial selengkapnya.

Pertama buka dashboard blog Anda lalu arahkan kursor ke menu Plugins > Add New.

Plugin > Add New

Plugin > Add New

Pada kotak search ketikkan Better WP Security lalu tekan enter atau klik tombol Search Plugins.

Search Plugins

Search Plugins

Sistem akan menampilkan beberapa plugin dengan nama yang menyerupai kata kunci yang Anda ketikkan tadi, temukan plugin bernama Better WP Security lalu klik link menu Install Now dan klik Ok saat sistem meminta konfirmasi.

Install Now

Install Now

Tunggu beberapa saat selama proses instalasi berlangsung, setelah selesai klik link menu Activate Plugin.

Activate Plugin

Activate Plugin

Temukan tab menu Security paling bawah di dashboard Anda lalu klik > Create Database Backup.

Create Database Backup

Create Database Backup

Kemudian klik tombol Allow this plugin to change WordPress core files.

Allow this plugin to change

Allow this plugin to change WordPress core files

Klik tombol Secure My Site from Basic Attacks, tombol ini akan membantu Anda melakukan pengaturan keamanan dari serangan-serangan dasar.

Secure My Site from Basic Attacks

Secure My Site from Basic Attacks

Pada tahap ini Anda akan melihat status tingkat keamanan blog Anda sesuai dengan pengaturan dasar yang baru saja dilakukan pada langkah di atas. Ada 21 pengaturan yang telah diatur dengan 4 warna sebagai indikator level keamanan. Warna hijau menunjukkan bahwa pengaturan keamanan telah maksimal, warna orange menunjukkan tingkat keamanan belum maksimal dan dapat ditingkatkan dengan melakukan perubahan di beberapa titik fungsi, warna merah menandakan tingkat keamanan sangat rendah, dan warna biru menandakan bahwa tingkat keamanan dalam level sedang tetapi apabila diubah dapat mengakibatkan terjadinya konflik dengan plugin lainnya.

Tingkat Keamanan

Tingkat Keamanan dalam Level

Saya hanya merekemondasikan 3 perubahan lanjutan guna meningkatkan level keamanan blog Anda, perhatikan nomor yang Saya beri tanda kotak berwarna orange. (nomor 2) silahkan klik link Click here to fix. Anda akan dibawa ke sebuah halaman pengaturan berwarna krem, centang kotak Remove Edit URI Header lalu klik tombol Save Changes.

Save Change

Save Changes

Kemudian kembali klik menu Dashboard, masih di dalam plugin Better WP Security.

Dashboard

Dashboard

Selanjutnya pengaturan (nomor 5), klik link Click here to change User 1’s ID, halaman akan loading dan klik tombol Change User 1 ID.

Change User

Change User

Kemudian pengaturan (nomor6), klik lik Click here to rename it, lalu klik tombol Change Database Table Prefix.

Change Database Table Prefix

Change Database Table Prefix

Penutup

Plugin ini penting sekali bagi Anda yang mempunyai blog baik itu blog pribadi maupun toko online berbasis WordPress. Karena dengan plugin ini Anda dapat meningkatkan keamanan blog dari serangan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebagai tindakan pencegahan, instal plugin ini segera karena saat ini hacker tidak hanya merusak tampilan situs tetapi tidak jarang juga merusak database blog Anda. Anda hanya membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit untuk menginstal plugin ini, tetapi bayangkan apabila blog Anda benar-benar di-hack, tidak cukup waktu 1 minggu untuk melakukan perbaikan dengan sempurna agar kembali seperti sediakala.

Tag: , , , , , , , , ,

7 Comments

Leave Comment
  1. Mantab Gan, ini yang aku cari,,,makasih ya,,

  2. agusgt says:

    Terima kasih gan atas Informasinya

  3. Tips Security yang menarik, semoga Manfaat besar jg untuk penulis…

  4. Plugin yang menarik, saya jg coba di beberapa blog.

  5. dibanding bluesoft bagus mana ya?

  6. Megacara.com says:

    Better WP Security emang paling mantap kalo menurut ane.. Fitur yang menurut ane paling menarik itu bisa mengganti URL halaman login sesuai keinginan..

    Dengan begitu bisa menghindari brute force login tuh.

  7. terimakasih mas atas penjelasannya,ini yang saya cari, lengkap sekali dan simple (y)

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.