Tip dan Trik Menggunakan Magnifier Windows 7

Tip dan Trik Menggunakan Magnifier Windows 7

Ada sebuah tool pembantu di Windows 7 yang mungkin jarang atau bahkan tidak pernah kita gunakan. Tool itu adalah magnifier atau istilah lainnya kaca…

Ada sebuah tool pembantu di Windows 7 yang mungkin jarang atau bahkan tidak pernah kita gunakan. Tool itu adalah magnifier atau istilah lainnya kaca pembesar. Untuk apa kaca pembesar di Windows? Mungkin itu salah satu pertanyaan mendasar yang terpikirkan begitu mendengar ada kaca pembesar di sistem Windows. Untuk itu mari kita ulas tip dan trik pengguaan magnifier atau kaca pembesar di Windows 7 pada edisi kali ini.

Mengenal Magnifier

Magnifier merupakan sebuah alat bantu pengguna untuk meningkatkan aksesibilitas terhadap Windows itu sendiri. Perangkat bantu ini berguna untuk mengatur pembesaran area Windows baik keseluruhan atau bagian tertentu saja. Gunanya adalah kita bisa melihat atau memperjelas bagian yang sulit dilihat dengan melakukan pembesaran tampilan.

Magnifier ini bisa juga digunakan saat presentasi sebagai alat untuk memperjelas bagian tertentu yang dipresentasikan. Selain itu bagian dari Easy of Access Center ini juga tidak mengganggu tampilan saat diaktifkan karena hanya berupa icon bergambar kaca pembesar yang transparan.

Menggunakan Magnifier

Magnifier dapat diakses melalui dua cara, yang pertama cukup ketikkan magnifier di kotak pencarian Start Menu, atau melalui Control Panel > All Control Panel Items > Easy of Access Center > Start Magnifier. Setelah itu akan muncul icon kaca pembesar transparan di tengah-tengah Windows yang menandakan magnifier telah aktif.

Magnifier

Magnifier

Apabila kita mengarahkan pointer ke icon tersebut dan melakukan klik, maka akan berganti menjadi window kecil yang memiliki beberapa pengaturan terkait magnifier. Dengan window inilah kita akan mengendalikan magnifier.

Magnifier Window

Magnifier Window

Dengan memanfaatkan tombol + dan – pada toolbar window tersebut, kita bisa melakukan pengaturan pembesaran pada layar sesuai dengan arah pointer yang digerakkan. Tekan tombol + untuk menambah level pembesaran dan tekan tombol – untuk mengurangi level pembesaran.

Ada 3 mode pembesaran yang tersedia pada fitur magnifier.

  • Full Screen Mode: Mode ini akan melakukan pembesaran pada seluruh layar. Semakin tinggi nilai pembesarannya, maka ada kemungkinan ada beberapa bagian desktop yang tidak tampak tapi tetap bisa dilihat dengan mengarahkan pointer ke tempat yang dimaksud.
    Full Screen Mode

    Full Screen Mode

  • Docked Mode: Pada mode ini, sebuah dock akan muncul di atas layar kita dan pembesaran hanya dilakukan pada area tertentu dan area lainnya tidak. Dengan begitu kita bisa mengendalikan area mana yang dilakukan pembesaran.
    Docked Mode Magnifier

    Docked Mode Magnifier

  • Lens Mode: Mode ini menggunakan pembesaran area hanya pada area yang ditunjuk oleh pointer. Jadi dimana pointer mouse itu bergerak, maka area yang ditunjuknya akan nampak pada layar pembesaran.
    Lens Mode Magnifier

    Lens Mode Magnifier

Mode-mode tersebut dapat kita pilih melalui tombol Views yang ada pada window magnifier.

Views Option

Views Option

Pengaturan Tambahan Magnifier

Ada pengaturan tambahan yang bisa kita akses pada magnifier. Pengaturan ini memberikan fasilitas konfigurasi magnifier pada saat magnifier diaktifkan. Klik icon bergambar roda untuk membuka magnifier options.

Pada Magnifier Options, terdapat slider yang berfungsi sebagai pengaturan nilai increment atau penambahan nilai pada zoom level. Jika kita menetapkan nilai sebesar 50, maka penambahan pembesaran akan dilakukan sebanyak 50%.

Jika suatu saat kita memerlukan high-contrast pada tampilan layar, beri tanda centang pada bagian Turn on color inversion untuk mengaktifkannya. Gunanya adalah untuk memperjelas objek pada layar melalui peninggian kontrasnya sehingga memudahkan untuk melihatnya.

Color Inversion Magnifier

Color Inversion Magnifier

Adapun keterangan dan petunjuk lain mengenai penggunaan Magnifier bisa kita lihat pada halaman petunjuk dengan menekan tombol F1 atau tombol help yang sudah disediakan.

Penutup

Magnifier adalah salah satu fitur yang memiliki banyak manfaat di Windows, hanya saja mungkin banyak pengguna yang tidak menyadari kehadirannya atau bahkan menganggap magnifier tidak memiliki kegunaan sama sekali. Maka manfaatkan perangkat magnifier sebagai alat pendukung kerja kita khususnya jika untuk menjelaskan sesuatu melalui layar komputer.

Tag: , , , ,

6 Comments

Leave Comment
  1. islamwiki says:

    Memang beberapa tools bawaan dari windows, terutama pada bagian accessories, malah jarang digunakan. Padahal sebenarnya tools yang ada bakalan mempermudah pengguna dalam beberapa hal. Seperti tablet pc input panel, memudahkan pengguna saat menulis huruf non-latin jika di keyboard nya tidak tertulis huruf-huruf non-latin.

  2. Sampe sekarang, saya enggak pernah make magnifier karena enggak tau fungsinya selain memperbesar dan memperkecil detil. Thanks atas sharenya, jadi tambah ilmu dan bisa komputer :P

  3. Netzoone says:

    Tutorialnya mantap abis mas ! Thanks

  4. magnifier berguna untuk orang tua yang udah rabun

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.