Tip Membuat Hashtag yang Baik

Tip Membuat Hashtag yang Baik

Sistem Hashtag sudah lama ada di social media yang Anda gunakan. Namun siapa yang peduli apa definisinya? Atau bagaimana cara membuatnya? Secara umum, Hastag…

Sistem Hashtag sudah lama ada di social media yang Anda gunakan. Namun siapa yang peduli apa definisinya? Atau bagaimana cara membuatnya? Secara umum, Hastag difungsikan untuk menggolongkan tema yang sedang Anda obrolkan dalam social media, namun di sisi lain juga untuk mempermudah orang lain untuk mencari topik yang saling berhubungan. Semisal Anda ingin mencari topik tentang bisa komputer, maka Anda bisa mulai mencari dengan menggunakan #BKTips. Yaitu obrolan tentang tips dari bisa komputer di berbagai jejaring sosial.

Mungkin Anda pernah melihat Hashtag ini #wkwkwkwkwkwkwwkw atau Hashtag #Akurapopo. Jika Anda melihat #wkwkwkwkwkwkwwkw, bisa jadi hal ini akan terlihat tidak nyaman karena terlalu panjang dan banyaknya karakter yang sama. Sedangkan jika Anda bukan orang yang paham bahasa jawa, Anda tidak akan mengerti maksud #Akurapopo. Lalu bagaimana membuat Hashtag yang baik? Mari simak tips dari penulis berikut:

  1. Buat Hashtag dengan menggunakan kata sesederhana mungkin dan mudah diingat, serta usahakan kurang dari 3 kata. Jika lebih dari 3 kata tentunya akan mengurangi keleluasaan Anda dalam melakukan posting karena terdapat platform social media yang melakukan pembatasan post.
  2. Jika Anda menggunakan 2 kata atau lebih pakailah format “CamelCase”. Ide ini merupakan penggabungan 2 kata tanpa menggunakan spasi dan penggunaan huruf kapital pada awal kata semisal ‘#BisaKomputer’. Di mana fungsi utama dari penggunaan “CamelCase” ialah mempermudah pembacaan Hashtag, sehingga meskipun tanpa spasi, kata masih dapat terbaca dan tidak rancu maknanya.
  3. Tentukan maksud dan tujuan menggunakan Hashtag, sehingga pemilihan kata untuk Hashtag pun akan lebih familiar.Semisal Hashtag yang Anda buat ditujukan untuk warga indonesia,maka akan lebih memahamkan follower atau teman, jika anda menggunakan #KotaMalang daripada #KotaNgalam.
  4. Tambahkan definisi jika memang diperlukan. Seperti Hashtag untuk event, pertolongan bencana alam ataupun yang lainnya. Untuk menambahkan definisi dari Hashtag anda gunakanlah website ini :

    Untuk mendaftarkan Hashtag Anda perlu login terlebih dahulu menggunakan akun Twitter. Sebelumnya Anda harus melakukan tracking hastags yang akan dibuat, dengan cara melakukan memasukan Hashtag Anda pada kolom search, semisal #BKTips. Kemudian, website ini akan memunculkan hasil pencarian Anda. Pengubahan dari definisi Hashtag bisa Anda lakukan jika hastag sudah di definisikan sebelumnya. Namun jika belum ada definisi Hashtag Anda, mulailah untuk mendefinisikannya.

Penutup

Mungkin tips ini adalah salah satu dari sekian tips yang pernah anda simak. Tapi, Penulis mencoba menceritakan apa yang terbaik menurut kami. Tidak ada jaminan nantinya, Hashtag Anda akan menjadi Hashtag terbaik dan menjadi trending topic. Semua kembali pada tingkat kepopuleran topik yang sedang Anda bahas dalam sebuah Hashtag.

Anda pun bisa menggunakan berbagai tool untuk menganalisa dan memantau perkembangan Hashtag Anda, seperti yang telah ditulis di artikel sebelumnya.

Terima kasih dan selamat mencoba!

[credit image : Vine]
Tag: ,

9 Comments

Leave Comment
  1. iska says:

    ouwh, kalo aku sih lebih suka pake huruf kecil di kata pertama, kata kedua pake huruf kapital #kayakGini

  2. YobertParai says:

    sebenarnya saya masih kurang paham cara kerja dari hastag ini, soalnya jarang main twitter sih :D

  3. Agus Fuad says:

    sering pakai hashtag tapi masih cuma sekedar coba2… main2 aja :p

  4. ternyata ada ngaruhnya juga ke SEO yah gan ? ane baru tau -_-

  5. Abdienoor says:

    Hape ane Java gimana mbak: wkwk

  6. radjaboundar says:

    sebenarnya ane masih kurang faham untuk penggunaan hastag masta.. btw nice post, trims

  7. wahyudi says:

    selain 2 itu pake web apa lagi gan

  8. Rina says:

    Thanks artikelnya bermanfaat banget, ku share ke FB ku ya.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.