Tip Meningkatkan Performa Penyimpanan Data di Windows

Tip Meningkatkan Performa Penyimpanan Data di Windows

Siapa sih yang tidak ingin punya komputer dengan performa yang bagus? Rasanya di era modern ini sudah banyak teknologi yang memiliki performa tinggi dan…

Siapa sih yang tidak ingin punya komputer dengan performa yang bagus? Rasanya di era modern ini sudah banyak teknologi yang memiliki performa tinggi dan dapat dengan mudah didapatkan. Salah satunya adalah teknologi penyimpanan data yang bisa mengatur kecepatan penyimpanannya. Nah di edisi kali ini, kita akan membahas tip memanfaatkan Disk Write Caching di Windows 7 yang bisa berguna untuk meningkatkan performa penyimpanan data.

Mengenal Disk Write Caching

Disk Write Caching merupakan fitur yang meningkatkan performa sistem dengan menyediakan write caching pada sebuah device. Kelebihannya adalah aplikasi bisa berjalan lebih cepat karena pada prosesnya aplikasi bisa terus berjalan tanpa perlu menunggu penulisan data dituliskan pada disk.

Misalkan kita memiliki file yang akan ditulis pada disk. Ketika kita menyimpannya, Windows akan membuat catatan bahwa kita ingin menyimpan file ke dalam hard drive. Informasi ini sementara akan disimpan pada memori Windows dan akan menuliskan file pada hard drive nanti. Setelah file benar-benar ditulis pada hard drive, maka cache akan mengabarkan pada windows bahwa file sudah ditulis ke hard drive dan file pada cache bisa dihapus dengan aman.

Disk Write Caching Melalui Explorer

Biasanya fitur Disk Write Caching sudah aktif secara default, tapi jika kita merasa belum mengaktifkannya maka fitur tersebut dapat diaktifkan dengan cara berikut:

  1. Buka drive komputer melalui Windows Explorer, lalu klik kanan pada partisi dan pilih properties.
  2. Akan terbuka jendela properties drive sesuai dengan partisi yang kita pilih. Bukalah tab Hardware dan pilih tombol properties.
    Drive Properties

    Drive Properties

  3. Navigasikan ke tab Policies dan beri tanda centang pada bagian Enable write caching on the device.
    Enable Cache

    Enable Cache

  4. Klik OK untuk mengakhiri konfigurasi.

Disk Write Caching melalui Device Manager

Cara yang hampir sama bisa dilakukan melalui device manager Windows. Bukalah device manager lalu pilih Disk Drives, klik kanan lalu pilih properties.

Via Device Manager

Via Device Manager

Buka tab Policies dan beri tanda centang pada bagian Enable write caching on the device untuk mengaktifkannya. Yang membedakan dengan cara sebelumnya adalah kita mengaktifkan caching untuk seluruh seluruh drive, sedangkan sebelumnya kita melakukannya satu persatu pada tiap partisi.

Menonaktifkan Disk Write Caching

Untuk menonaktifkan cache caranya cukup menghilangkan tanda centang pada bagian Enable write caching on the device lalu klik OK untuk mengakhiri konfigurasi.

Disable Cache

Disable Cache

Setelah dinonaktifkan biasanya komputer berjalan sedikit lambat karena seluruh proses penulisan data langsung dilakukan ke dalam hard drive.

Penutup

Disk write caching ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan performa penulisan data pada drive. Maka ketika performa komputer terasa lambat, cobalah memeriksa apakah fitur ini sudah aktif atau belum. Semoga bermanfaat.

Tag: , , , , , ,

4 Comments

Leave Comment
  1. Adi Daya™ says:

    Terima kasih infonya. Btw, kalau Windows XP apa ada carnya juga????

  2. Siska says:

    kok tampilan gambar yang “navigasikan ke tab policies” beda sama di PC ku ???

  3. RIVAN ADITIA says:

    makasih ya agan. saya tidak akan bosan berkunjung diblog ini, karena berkualitas

  4. rivan aditia says:

    terimakasih gan informasinya. sangat bermanfaat

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.