Tips Lupa Password dan Email Blog WordPress

Tips Lupa Password dan Email Blog WordPress

Tutorial Information

ProgramWordpress
DifficultyPemula
Estimated Time15 Menit

Lupa sudah merupakan sifat dasar manusia, itu sebabnya sangat penting memanfaatkan tool penyimpanan agar data-data penting semacam password dapat terjaga dengan aman terutama dapat…

Lupa sudah merupakan sifat dasar manusia, itu sebabnya sangat penting memanfaatkan tool penyimpanan agar data-data penting semacam password dapat terjaga dengan aman terutama dapat menjadi solusi cepat ketika kita lupa. Di dalam sebuah blog terdapat sistem administrasi atau bisa disebut dashboard di mana admin mengatur dan mengorganisasi keseluruhan fungsi blog tersebut, untuk dapat memasuki sistem dashboard pemilik blog harus masuk sebagai admin dengan menggunakan nama pengguna dan password yang telah ditentukan sebelumnya. Namun terkadang insiden tidak terduga bisa saja terjadi, misalnya “lupa.”

Tetapi syukurnya sistem blog juga telah menyediakan fungsi password recovery atau Forgot Password yang memanfaatkan email sebagai media pengembalian password, namun apa jadinya jika kemudian Anda juga lupa dengan email yang benar? Ini hanya 1 dari beberapa masalah yang mungkin terjadi, kemungkinan lain adalah adanya aktifitas ilegal sehingga data admin Anda dihapus dengan sengaja untuk tujuan yang tidak baik. Berikut Saya coba ulas cara terakhir yang dapat Anda lakukan jika satu dari dua masalah di atas menimpa Anda.

Pertama-tama buka Cpanel dan masuk ke dalam sistem Cpanel, lalu cari kategori menu Database dan klik phpMyAdmin lalu akan terbuka jendela baru di browser Anda.

phpMYAdmin

phpMYAdmin

Saat ini Anda sudah memasuki halaman database di mana terdapat database blog Anda, apabila blog Anda lebih dari satu maka Anda harus menemukan nama database blog yang hendak kita recovery. Caranya kembali ke tab Cpanel kemudian buka Fantastico De Luxe, selanjutnya klik WordPress dan arahkan kursor ke link Remove, klik kanan dan klik copy link address lalu paste-kan ke Notepad atau MS Word, maka Anda akan mendapatkan link sebagai berikut, yang Saya tandai dengan warna merah adalah nama database Anda (demi keamanan server Saya, beberapa titik di link ini Saya penggal):

https://gator991./frontend/x3/fantastico/autoinstallremoveconfirm.php?action=Remove&removedir=bambangediwinarso.com|&removedb=ahmad212_wrdp1&re

Baik, nama database Anda sudah ditemukan, sekarang klik database tersebut.

Klik Database

Klik Database

Setelah loading halaman selesai, temukan di sebelah kiri Anda nama table wp_users, klik jika telah Anda temukan kemudian klik link Edit pada tabel paling atas di kolom sebelah kanan Anda (Tabel Admin). 

Klik Link Edit

Klik Link Edit

Pada halaman Edit inilah Anda akan menemukan email Anda, selanjutnya Anda dapat menggunakan fitur Forgot Password dengan menggunakan email tersebut. Apabila ternyata email yang Anda temukan tidak Anda kenali, hapus dan ganti dengan email Anda yang sebenarnya kemudian klik GO.

Ganti Email dan Password

Ganti Email dan Password

Jangan ubah apapun pada kotak lain terutama pada bagian password karena data tersebut adalah hasil enkripsi dan tidak boleh diubah. Setelah Anda ganti dengan email yang benar, maka selanjutnya kembali ke blog Anda dan gunakan fungsi Forgot Password untuk melakukan recovery, ikuti prosesnya dan selesai.

Penutup

Cara ini adalah alternatif terakhir yang bisa Anda lakukan apabila semua alternatif recovery yang ada gagal mengatasi masalah. Dan untuk Anda yang gagal login karena dibobol hacker, sebagai langkah pencegahan sebaiknya instal plugin yang dapat membantu Anda melindungi halaman login blog Anda misalnya Better WP Security atau Wordfence Security yang memiliki fitur keamanan yang baik dan teruji. Barangkali lain waktu jika ada kesempatan Saya akan coba mengulas kedua plugin ini agar dapat menjadi alternatif keamanan blog. Keep Safe, Sampai Jumpa!

Tag: , , , , , , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. cepi says:

    Bagaimana jika lupa email di wordpress gratisan, Bung? Saya pernah buat blog, saya buat blog namun lupa email dan passwordnya. mau buka lagi karena PRnya ternyata sudah 0 :) Mohon pencerahannya, terima kasih sebelumnya.

  2. yangyang says:

    Ternyata ada cara mereset password selain melalui email, thanks gan

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.