Tips Mengoptimalkan Fitur Search Indexer pada Windows 7

Tips Mengoptimalkan Fitur Search Indexer pada Windows 7

Search Indexer pada Windows 7 merupakan fitur yang berfungsi untuk mempercepat proses pencarian file pada Windows. Bagi sebagian orang mungkin fitur ini bukan hal…

Search Indexer pada Windows 7 merupakan fitur yang berfungsi untuk mempercepat proses pencarian file pada Windows. Bagi sebagian orang mungkin fitur ini bukan hal yang begitu penting karena jarang memakai fasilitas pencarian. Tapi bagi orang yang memiliki data sangat banyak tentu lebih praktis menggunakan fasilitas pencarian daripada harus memeriksai setiap folder satu per satu. Pencarian bisa lebih cepat dilakukan jika kita mengoptimalkan fasilitas index pada Windows.

Mengaktifkan Search Indexer Windows

Ada yang beranggapan bahwa mengaktifkan fungsi search indexer itu memakan resource komputer sehingga ada baiknya jika dinonaktifkan saja. Hal itu memang benar tapi fungsi search indexer ini bekerja saat komputer dalam keadaan idle atau saat tidak ada aktivitas dari user sehingga user tidak merasakan dampak berkurangnya jatah resource itu.

Untuk mengaktifkannya bisa melalui Control Panel > Programs and features > Turn Windows features on or off.

Tampilan Turn Off Windows Features

Cari bagian Windows search lalu beri tanda centang pada kotak yang tersedia. Klik OK lalu restart komputer. Jika Anda ingin menonaktifkannya karena fitur ini jarang dipakai, hilangkan tanda centang pada bagian Windows search tadi.

Konfigurasi Proses Index Windows Search

Proses index atau indexing Windows Search memang berjalan di belakang layar, tapi bukan berarti Anda tidak bisa mengelola dan mengatur jalannya proses index tersebut. Pengaturan atau konfigurasi proses index bisa diakses melalui Control Panel > All control panel items > Indexing Options

Tampilan Indexing Options

Terdapat daftar folder apa saja yang masuk di dalam index. Di sini kita bisa melakukan konfigurasi data index, filter tipe file untuk index, termasuk menghapus dan membangun ulang index.

Menambah dan Menghapus folder untuk Index

Memasukkan semua folder dan direktori ke dalam daftar index tentu tidak efisien dan terlalu banyak membuang resource. Untuk itu tetapkan folder mana saja yang memiliki intensitas pencarian tinggi lalu masukkan ke dalam daftar index. Untuk mengelola folder untuk index, klik tombol modify pada window Indexing options.

Menentukan Folder ke Daftar Index

Pilihlah folder yang diinginkan, lalu beri tanda centang pada kotak yang ada. Jika ingin menghapus dari daftar index, hilangkan tanda centang tersebut. Setelah itu klik OK.

Filter File Type untuk Index Search

Tak hanya folder yang bisa dimasukkan dalam daftar index. Anda juga bisa menentukan tipe file apa saja yang masuk dalam daftar index atau menambahkan file type baru sesuai dengan kebutuhan. Filtering ini dilakukan juga untuk menghemat data index agar seefisien mungkin dan tidak memakai resource yang terlalu besar. Untuk melakukannya, klik tombol advanced pada Indexing Options, pilih tab file types.

Menentukan File yang Masuk ke Daftar Index

Beri tanda centang untuk menambahkan dan hilangkan tanda centang untuk menghapus file type tertentu dalam daftar index.

Indexing File Enkripsi

Anda juga bisa melakukan indexing pada file yang terenkripsi melalui Index Setting yang ada pada Advanced Options. Namun untuk alasan keamanan, direkomendasikan untuk memiliki third-party software semacam BitLocker atau lainnya yang aktif di dalam Windows Anda. Jika tidak, akan ada warning message yang keluar.

Tampilan Encrypted Index Warning

Untuk itu, tidak perlu menggunakan fitur ini jika Anda tidak memiliki file enkripsi.

Menghentikan proses Index Windows Search

Proses index Windows Search bisa Anda hentikan pada saat-saat tertentu. Dalam Windows, prosesnya bernama SearchIndexer.exe. Untuk menghentikan proses tersebut buka Task Manager > tab Processes dan cari SearchIndexer.exe.

Menghentikan Proses Index Windows Search

Klik kanan pada SearchIndexer.exe dan pilih End Process Tree untuk mematikan semua proses yang berkaitan dengan SearchIndex.exe.

Troubleshooting

Mungkin ada waktu di mana indexing bermasalah dan itu mempengaruhi proses pencarian file yang Anda lakukan. Bisa jadi karena data index korup atau rusak. Anda bisa mencoba memperbaikinya melalui Indexing Options > Advanced Options > troubleshooting > pilih Rebuild untuk membangun ulang index dari konfigurasi yang ada.

Memperbaiki Pencarian File yang Troubleshooting

Atau jika masih tidak ada perubahan, klik Troubleshoot search and indexing agar Windows melakukan identifikasi masalah agar Anda bisa mengetahui penyebab kerusakan dan kemungkinan tindakan untuk memperbaikinya.

Semoga bermanfaat.

Referensi: http://www.thewindowsclub.com/windows-7-search-indexer-tips

Tag: ,

1 Comment

Leave Comment
  1. share ilmu pengetahuan yang bangus. terima kasih.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.