Tips Mengoptimalkan Kecepatan Windows 7 Menggunakan Fitur ReadyBoost

Tips Mengoptimalkan Kecepatan Windows 7 Menggunakan Fitur ReadyBoost

Sistem operasi seperti Windows 7 tentu tidak sedikit memakan Resource memori atau RAM. Untuk komputer dengan spesifikasi tinggi tentu tidak bingung karena Resource melimpah….

Sistem operasi seperti Windows 7 tentu tidak sedikit memakan Resource memori atau RAM. Untuk komputer dengan spesifikasi tinggi tentu tidak bingung karena Resource melimpah. Tapi bagaimana jika dengan user yang memiliki spesifikasi komputer minim? Tentu harus bisa bersabar untuk menghadapi betapa lemotnya Windows terutama saat membuka aplikasi yang banyak memakan memori. Microsoft jelas memiliki solusi untuk permasalahan ini, dalam Windows 7 sudah disediakan fitur ReadyBoost agar sistem bisa menjadikan perangkat USB seperti Flashdisk sebagai “memori” cadangan yang bisa dipinjam oleh Windows jika dibutuhkan.

Menggunakan Flashdisk Sebagai ReadyBoost.

Untuk menggunakan flashdisk sebagai ReadyBoost itu cukup mudah. Saat muncul dialog window autoplay pada waktu Anda menancapkan Flashdisk, aktifkan fitur ReadyBoost pada pilihan yang sudah tersedia. Dengan begitu, flashdisk secara otomatis akan menjadi ReadyBoost.

Tampilan Autoplay Speedup

Atau dengan cara lain melalui klik kanan perangkat flashdisk yang ada pada Windows Explorer > properties > tab ReadyBoost. Untuk mengaktifkan ReadyBoost pada flashdisk, pilih Use this device. Dedicated this device to ReadyBoost dipilih jika Anda ingin menggunakan flashdisk sebagai ReadyBoost untuk seterusnya tanpa harus melakukan konfigurasi lagi.

Memilih Use Readyboost

Anda bisa menentukan berapa jumlah space flashdisk yang digunakan untuk fitur ReadyBoost. Tapi sebaiknya biarkan Windows sendiri yang menentukan ukuran idealnya. Mengaktifkan ReadyBoost mengakibatkan kapasitas flashdisk Anda penuh. Apabila Anda ingin menonaktifkannya kembali, pilih bagian Do not use this device.

Menonaktifkan Readyboost

Tips Memilih Flashdisk untuk ReadyBoost

  1. Pergunakan flashdisk yang berukuran di atas 1GB agar ReadyBoost lebih optimal.
  2. Idealnya, space flashdisk yang digunakan sebagai ReadyBoost adalah dua kali dari RAM. Misalkan komputer Anda memiliki RAM 1GB, maka sebaiknya space flashdisk yang tersedia adalah 2GB atau lebih. Tergantung seberapa besar komputer memakai memori, semakin banyak program yang dibuka maka akan lebih banyak memakai memori.
  3. Untuk performa terbaik memang disarankan menggunakan flashdisk berukuran 2 – 4GB. Kita bisa menggunakan maksimal hingga 32GB pada setiap removable media untuk ReadyBoost, dan total 256GB per komputer (8 x 32GB).
  4. Flashdisk yang digunakan harus mendukung USB 2.0 atau lebih tinggi, dan ReadyBoost bekerja lebih baik jika flashdisk langsung terhubung dengan USB port daripada menggunakan USB Hub atau ekstensi lainnya.
  5. Cek apakah flashdisk kita mendukung teknologi ReadyBoost. Biasanya pihak manufacturer menampilkan tanda “Enhaced for ReadyBoost” atau semacamnya pada bungkus flashdisk. Jika tidak ada, mungkin bisa dipakai sebagai ReadyBoost atau tidak. Ada pesan warning jika flashdisk  Anda tidak bisa digunakan sebagai ReadyBoost.

Itu tadi tips untuk mempercepat kinerja Windows menggunakan fitur ReadyBoost. Semoga berguna khususnya yang memiliki RAM terbatas namun tingkat pekerjaan yang cukup tinggi.

Referensi: http://www.theWindowsclub.com/tips-for-better-use-of-ReadyBoost-feature-of-Windows-7

Tag: ,

8 Comments

Leave Comment
  1. Nikita says:

    Hmm.. nice info.. coba aaah :D
    gak perlu install software khusus kan?

  2. Boleh di coba nih ,,, enatr tak coba e dulu :D

    Titip salam buat mas saif :D

  3. ageng says:

    boss…puyaku ada peringatan gini ” ready bost is not enabled because the service responsible for readybost (sismain) has been turned of ………………”

    gmana aktifinnya lago boss? :(

  4. Rio says:

    Om…
    indikasi kalok udah berhasil,, cara ngeceknya gimana??

  5. perlu di coba nih…makasih gan

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.