Tips Seo: Link Populer vs Jejaring Sosial

Tips Seo: Link Populer vs Jejaring Sosial

Dengan berkembangnya algoritma google yang baru dan kita belum bisa beradaptasi secara penuh untuk mengikuti tren mereka, maka hal ini merupakan sebuah keterlambatan bagi…

Dengan berkembangnya algoritma google yang baru dan kita belum bisa beradaptasi secara penuh untuk mengikuti tren mereka, maka hal ini merupakan sebuah keterlambatan bagi kita, namun seperti kata sebuah peptah “lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Dalam bahasan kali ini adalah tentang pengaruh halaman yang populer bisa mendongkrak posisi kita dimesin pencari sebesar 22,33% seperti yang telah saya ulas minggu lalu dalam artikel yang berjudul Tips SEO: 7 Hal yang Mempengaruhi Ranking di Google“. Untuk mengingat kembali bahasan tersebut, berikut saya kutip ulasan tentang sub bahasannya.

Link popularity of the specific page 22.33 %
Mempunyai banyak backlink memang sangat menguntungkan buat blog Anda. 
Tapi kualitas web yang mengarahkan linknya ke kita harus bagus. Misalkan blog dengan page rank 5 di google mengarahkan sebuah link ke kita, tentu ini akan lebih baik dengan blog page rank 0 mengarahkan linknya ke kita dan pengaruhnya pun sangat tinggi sampai 22,33%

Link Populer

Ketika Anda mengejar sebuah keyword yang mengarah ke halaman utama sebuah blog begitu mudah Anda lakukan. Bagaimana jika Anda ingin mengejar posisi nomor satu disetiap artikel yang Anda terbitkan setiap hari? tentu hal ini akan membuat Anda berpikir dua kali lebih keras dibanding mengejar satu keyword dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini menjadi semakin sulit ketika jumlah artikel yang Anda publish setiap hari lebih dari 1, atau anggap saja Anda publish artikel sebanyak dua judul dalam sehari. Dengan demikian Anda akan mengejar posisi yang bagus di google untuk kedua judul artikel tersebut.

Dengan modal banyaknya orang yang membaca kedua judul yang kita publish tersebut, dan berdampak pada banyaknya rekomendasi yang kita dapatkan setelah orang benar-benar mendapatkan manfaat dari apa yang kita terbitkan, itu berperan sebesar 22.44%. Namun jika social graph kita meningkat karena rekomendasi tadi! maka akan bertambah 5.30%. Dengan begitu kita sudah mendapatkan persentase 22.44% + 5.30 %. Angka yang cukup menarik dan cukup mampu mendongkrak posisi kita di google.

Jejaring Sosial

jejaring-sosial

Setelah membaca sub judul “Link Populer” di atas, Anda tentunya dapat melihat peranan jejaring sosial untuk membuat artikel kita menjadi populer. Backlink(manual dari blog lain), dulu mungkin menjadi modal utama untuk membuat sebuah halaman menjadi populer, dan untuk mendapatkan backlink bukanlah perkara mudah. Dengan kehadiran dan kekuatan jejaring sosial yang ada saat ini, backlink bukan lagi sesuatu yang sangat dominan untuk membuat blog menjadi populer, kendati sebuah artikel yang direkomendasi di jejaring sosial juga merupakan sebuah backlink. Namun Backlink yang saya maksud disini adalah Backlink yang kita cari(submit) secara manual dari blog 1 ke blog lainnya.

Penutup

Ulasan dalam bahasan ini akan sangat susah dimengerti jika Anda tidak membaca artikel sebelumnya, karena dalam artikel ini merupakan pembahasan lebih mendalam dari sub bahasan pada artikel terdahulu. Semoga kita bisa menfaatkan antusiasnya masyarakat Indonesia dalam berjejaring sosial untuk berbagi hal-hal positif.

Tag: , ,

1 Comment

Leave Comment

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.