Trello, Aplikasi Keren Untuk Kerja Kolaborasi

Trello, Aplikasi Keren Untuk Kerja Kolaborasi

Dengan perkembangan yang masif dari internet beberapa dekade ini banyak memberikan kontribusi yang besar untuk kemudahan dalam bekerja baik untuk individu maupun sebagai sebuah…

Dengan perkembangan yang masif dari internet beberapa dekade ini banyak memberikan kontribusi yang besar untuk kemudahan dalam bekerja baik untuk individu maupun sebagai sebuah tim. Berbagai aplikasi gratis terutama aplikasi berbasis web untuk menunjang kinerja banyak tersedia di dalam internet, contohnya seperti aplikasi yang digunakan untuk to do list, komunikasi, presentasi, membuat sketsa atau wireframing dan lain-lain.

Aplikasi Trello

Aplikasi Trello

Trello merupakan salah satu aplikasi gratis yang berbasis web untuk menunjang kinerja kerja anda. Trello seperti layaknya to do list tetapi dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan sangat nyaman digunakan untuk bekerja secara kolaborasi atau untuk sebuah tim yang tidak harus saling bertemu dalam satu tempat atau ruangan. Trello dibuat oleh Fog Creek Software Company yang berasal dari New York dan dirilis sekitar tahun 2010.

Fitur-fitur Trello

Berikut akan dijabarkan beberapa fitur-fitur Trello yang mengagumkan dan sangat mudah untuk anda gunakan :

1. Organisasi Grup

Organisasi grup pada Trello

Anda bisa menambahkan lebih dari satu grup atau juga tim kerja di dalam Trello yang bisa diatur sebagai private atau public. Di dalam sebuah grup anda juga bisa menambahkan lebih dari satu “Board”. Tambahkan grup baru pada tombol New Organization di sebelah kanan halaman profil anda (bila anda sudah login ke dalam Trello).

2. Board

Preview Board di Trello

Board di dalam Trello bisa diasumsikan sebagai sebuah papan tulis besar tempat kita meletakkan to do list note. satu board bisa anda gunakan sebagai sebuah project dan anda bisa menambahkan, mengubah atau pun mengatur panel-panel di dalam sebuah board tersebut. Tambahkan member atau rekan kerja anda yang terlibat di dalam sebuah project tersebut dengan menekan tombol Add Members.

3. Card

Preview Card pada Trello

Card diartikan sebagai to do list di dalam Trello. Tambahkan card pada tombol Add a card di bawah salah satu panel board. Cukup drag dan drop saja untuk memindahkan card ke dalam panel lainnya. Di dalam sebuah card anda bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti :

– Menambahkan komentar dan mention rekan kerja anda seperti di twitter dengan menggunakan “@”.

– Mengunggah berbagai macam file baik teks maupun gambar.

– Mengatur tanggal deadline dan memberi vote.

– Menambahkan label.

– Menambah checklist dan member yang terlibat.

– dan menyimpannya sebagai arsip dengan menekan tombol Archive.

Penutup

Trello bersifat real-time, artinya bila anda melakukan sebuah perubahan di dalam board, maka rekan kerja anda akan mengetahuinya dan mendapat notifikasi serta tercatat dalam Activity Stream saat itu juga (bila anda terhubung dengan internet). Aplikasi web Trello di desain secara responsive, yang artinya layout-nya berubah dan menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar dimana pun anda mengaksesnya. Maka anda akan merasa sangat nyaman menggunakan Trello di berbagai gadget anda.

Ingin mencoba menggunakan Trello? segera daftar ke trello.com (gratis). Mungkin anda mengetahui aplikasi berbasis web lainnya seperti Trello, bisa berbagi informasi dengan menuliskan di komentar. Sharing is Caring, right? :)

Tag: , , ,

6 Comments

Leave Comment
  1. Makasi Mas… ini saya coba aplikasi Trellonya,, buat teman sekantor gak perlu ribet lagi jadinya…terima kasih ^.^

  2. baehaqi says:

    belum begitu paham,.. hehehe

  3. aji says:

    tolong jelaskan cara menggunakannya? dan cara berteman dengan yang lain. terima kasih

  4. yoren says:

    Mas, kenapa aplikasi trello saat di buka di PC, tampilannya blank putih. apakah sedang ada pemblokiran thp trello

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.