Trik Mengaktifkan dan Menonaktifkan Default Games di Windows 7

Trik Mengaktifkan dan Menonaktifkan Default Games di Windows 7

Windows 7 memiliki games default yang sudah tertanam pada sistem dan biasanya secara default juga diaktifkan oleh Windows 7 kecuali untuk Windows 7 Professional Edition….

Windows 7 memiliki games default yang sudah tertanam pada sistem dan biasanya secara default juga diaktifkan oleh Windows 7 kecuali untuk Windows 7 Professional Edition. Kita mungkin sudah familiar dengan jenis-jenis permainan Windows seperti Solitaire, Minesweeper, Heart, dan sebagainya. Bisa jadi untuk beberapa orang permainan tersebut kurang menarik sehingga mungkin ada inisiatif untuk membuang atau menghapus permainan tersebut, tapi tentu tidak mudah untuk menghapus atau melakukan uninstall pada permainan-permainan itu.

Games Startmenu

Tampilan Games pada Startmenu

Ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk “menghilangkan” games default tersebut sehingga kita tidak melihat kemunculannya kembali.

Mengaktifkan dan Menonaktifkan Windows 7 Games

Default games dapat dihilangkan atau dimunculkan melalui fasilitas Windows Features. Windows Features dapat diakses dengan cara Start Menu > ketikkan Windows Features > tekan Enter. Carilah fitur Games dan hilangkan tanda centang untuk menonaktifkan fitur default games setelah itu klik OK.

Windows Features

Tampilan Windows Features

Cara itu “menghilangkan” Windows games dalam sistem sehingga jika kita cari dengan cara Start Menu > Games Explorer, tidak ditemukan satu game pun yang aktif.

Games Search Result

Tidak Ada Games pada Search Result

Kita juga bisa mengaktifkan beberapa games yang kita inginkan melalui Windows Features tadi dengan cara memberikan tanda centang pada game yang ingin kita aktifkan. Misalkan ada dua game yang kita aktifkan yaitu, chess titans dan minesweeper, maka dua games tersebut akan muncul di Start menu.

Game yang Tidak Terpilih Tidak Ada di Start Menu

Menghilangkan Games dari Start Menu

Caranya mudah, cukup dengan melakukan kostumisasi melalui Properties start menu. Caranya: klik kanan Start menu > Properties.

Properties Startmenu

Properties pada Startmenu

Pada Window Properties, pilih tab Start Menu dan klik Costumize

Startmenu Properties

Pilih tab Start Menu dan Klik Costumize

Cari item Games dengan melakukan scroll pada daftar yang ada. Pada bagian Games, pilih don’t display this item lalu klik OK.

Costumize Start Menu

Pilih Don’t Display This Item pada Start Menu

Jika cara ini berhasil seharusnya games tidak muncul dalam daftar start menu. Jika masih ada, coba untuk logoff atau restart Windows 7 Anda.

Menghapus Registry Games

Cara ini merupakan cara yang ekstrim dan sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan karena dikhawatirkan dapat mengganggu kestabilan sistem. Kita tentu tidak ingin Windows kita mengalami hal-hal yang tidak diinginkan hanya karena ingin menghapus games default dari Windows. Tapi misalkan Anda tetap nekat, buka Registry Editor melalui cara ketik Regedit dan tekan Enter pada kotak pencarian Start Menu. Cari registry pada alamat berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\GameUX

Registry Games

Cari Register Games

Hapus daftar registry tersebut tapi tentu resiko ditanggung sendiri karena saya sendiri belum berani mencoba.

Penutup

Games yang disediakan Windows dalam Windows 7 merupakan salah satu fitur entertainment yang berguna untuk relaksasi diri setelah lelah beraktifitas. Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini merupakan kebijakan Anda sebagai pengguna dan silahkan gunakan kebijakan Anda sebaik-baiknya dan tentu tanpa harus mengganggu stabilitas sistem operasi Windows 7 Anda. Semoga bermanfaat :)

Tag: , , , , , , ,

1 Comment

Leave Comment

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.