Trik Menyembunyikan Launcher Unity di Ubuntu

Trik Menyembunyikan Launcher Unity di Ubuntu

Salah satu hal yang menonjol dalam Unity adalah keberadaan Launcher di sisi desktop. Sekilas dilihat launcher ini nampak seperti aplikasi seperti AWN dock atau…

Salah satu hal yang menonjol dalam Unity adalah keberadaan Launcher di sisi desktop. Sekilas dilihat launcher ini nampak seperti aplikasi seperti AWN dock atau Cairo dock hanya saja dengan fitur yang berbeda tentunya. Launcher memang berguna untuk menjalankan aplikasi dengan mudah sekaligus tempat mengontrol window yang aktif.

Launcher

Launcher

Walaupun begitu ada trik yang bisa digunakan untuk menyembunyikan launcher bagi pengguna yang tidak membutuhkannya.

Auto Hide Menggunakan Ubuntu Tweak

Menyembunyikan launcher dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur auto hide. Aplikasi seperti Ubuntu Tweak memiliki pengaturan untuk mengatur tampilan launcher. Jika Anda belum memasang Ubuntu Tweak pada Ubuntu Anda, silahkan simak dulu artikel 5 aplikasi keren untuk kostumisasi Unity. Konfigurasi Unity dapat ditemukann pada Tab Tweaks > Unity.

Unity Ubuntutweak

Unity Ubuntutweak

Di dalamnya terdapat beberapa opsi unity yang dapat digunakan, pilihlah bagian Launcher hide modeAuto hide.

Autohide Ubuntutweak

Autohide Ubuntutweak

Secara otomatis launcher akan tersembunyi dan akan aktf kembali saat kursor diarahkan ke lokasi launcher.

Auto Hide Menggunakan System Setting

Cara lain adalah dengan menggunakan fitur Appearance yang sudah ada pada unity. Bukalah dash lalu ketikkan appearance pada pencarian, setelah itu tekan enter pada aplikasi yang ditemukan.

Appearance

Appearance

Arahkan pada tab Behavior lalu geser tombol Auto-Hide the Launcher menjadi ON.

Autohide Launcher Appearance

Autohide Launcher Appearance

Secara otomatis launcher akan tersembunyi. Anda juga dapat mengatur kemunculan launcher melalui penempatan kursor melalui bagian Reveal location.

Nonaktifkan Kemunculan Launcher

Auto hide kadang justru menjadi pengganggu bagi sebagian orang karena bisa jadi saat kursor berada pada posisi Reveal location, launcher muncul tanpa kita kehendaki. Untuk mengatasinya cukup menggeser slider Reveal Sensitivity menjadi low pada tab Behavior tadi. Dengan begitu launcher tidak akan muncul walaupun posisi kursor berada di reveal position.

Penutup

sebagai pengganti launcher, kita dapat menambahkan dock lain seperti Avant Window Navigator atau Cairo dock. Dengan penambahan dock, kita tetap bisa membuat Unity desktop kita tetap sedap di pandang mata tanpa mengurangi fungsionalitasnya.

Tag: , , , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.