Trik Pencarian di Google Search Lebih Akurat

Trik Pencarian di Google Search Lebih Akurat

Google merupakan salah satu search engine terbesar di internet. Tentu semua orang pernah menggunakannya, baik itu untuk mencari situs, dokumen, gambar, video, musik atau…

Google merupakan salah satu search engine terbesar di internet. Tentu semua orang pernah menggunakannya, baik itu untuk mencari situs, dokumen, gambar, video, musik atau file – file lainnya di internet. Namun terkadang hasil yang kita cari tidak seperti yang kita harapkan. Walaupun kita sudah mencari dengan keyword yang akurat, belum tentu hasilnya akurat. Contoh ketika kita mencari sebuah dokumen, namun hasil yang keluar hanya situs-situs yang berisi iklan dan justru disana tidak ada dokumen yang kita cari sama sekali. Menyebalkan bukan? Namun Google mempunyai fitur “parameter search” yang dapat kita gunakan untuk melakukan pencarian dengan penyaringan kriteria hasil pencarian. Dengan cara ini kita dapat mencari file-file dengan direct link, sehingga kita tinggal mengunduhnya langsung sekali klik tanpa syarat.

Apa Itu Parameter?

Google melakukan pencarian sesuai keyword dari pengguna yang dimasukkan pada kolom search. Sehingga Google akan mulai mencari dan menampilkan hasil jika pada situs tersebut ada keyword yang sama seperti yang Anda masukkan. Dengan cara seperti itu, tidak menutup kemungkinan Google menampilkan hasil yang kurang akurat karena keyword yang Anda masukkan terlalu luas. Namun jika Anda mengetikkan tambahan beberapa tambahan kata selain keyword yang akan Anda ketikkan, seperti inurl, intitle, site:, dan lain-lain Google akan membacanya sebagai parameter (syarat/kriteria) pencarian. Contoh kita ingin mencari e-book tutorial Android untuk pemula, maka biasanya Anda akan ketikkan seperti ini pada kolom search:

“ebook tutorial android pemula”

Hasil pencariannya akan seperti ini:

Pencarian Google

Tentu akan merepotkan bagi Anda untuk mencari e-book pada situs-situs tersebut satu persatu padahal kita hanya butuh mencari e-book-nya saja dalam bentuk PDF. Lalu bagaimana solusinya? Gunakan saja parameter “filetype:<tipe_file_yang_dicari>”. Sehingga yang Anda ketikkan pada kolom search adalah:

“tutorial android pemula filetype:pdf”

Hasilnya akan lebih akurat dan seluruhnya merupakan e-book bertipe PDF. Sehingga Anda cukup klik satu kali untuk mengunduhnya:

Hasil Pencarian Lebih Akurat

Hasil Pencarian Lebih Akurat

Mudah bukan? Anda juga bisa mencobanya dengan jenis file lain, MP3, WMV, atau AVI misalnya.

Mencari File Langsung dari Data Publik

Ketika kita mencari file di Google biasanya kita akan diarahkan pada situ-situs file sharing. Butuh waktu untuk mengunduhnya, terkadang kita disuruh untuk menunggu terlebih dahulu selama beberapa detik, atau kecepatan download dibatasi hanya beberapa KBps, atau bahkan disuruh untuk melakukan survey ke situs iklan. Kini dengan pencarian menggunakan parameter Anda akan lebih cepat menemukan file yang Anda cari dengan link download langsung (direct link) cukup dengan satu kali klik.

Berikut contoh parameter-nya:

-inurl:(htm|html|php) intitle:”index of” +”last modified” +”parent directory” +(.mp3) “Maroon 5 Payphone”

Penjelasan parameter:

  • -inurl:(<tipe_halaman>): Berfungsi menyaring tipe halaman yang ditampilkan, pada contoh di atas menyaring hasil agar Google hanya menampilkan halaman bertipe htm, hmtl, php.
  • intitle:”<judul_halaman>”: Menyaring hasil berdasarkan judul, pada contoh di atas judul yang tampilkan hanya yang mengandung kata “index of”, “last modified”, dan “parent directory” karena file publik yang bebas diakses biasanya judulnya mempunyai ciri judul seperti itu.
  • (.<jenis_file>”<nama_file>”): Menyaring hasil berdasarkan teks di dalamnya, pada contoh di atas, hasil yang ditampilkan hanya yang mempunyai file MP3 dan terdapat nama “Maroon 5 Payphone”

Berikut hasil dari pencarian dengan parameter di atas:

Pencarian Parameter

Akan muncul halaman-halaman publik dengan isi file MP3 sesuai yang kita cari. Pilih halaman terserah Anda karena pada halaman pertama pencarian ini sudah 90% halamannya berisi file MP3 yang kita cari. Contoh kita buka hasil yang pertama:

Pencarian yang Akurat

Halaman ini adalah halaman publik dan di situ sudah terdapat file yang kita cari, untuk mengunduhnya cukup klik sekali nama file-nya karena sudah merupakan direct link. Parameter pencarian di atas bisa Anda ubah sendiri sesuai kebutuhan Anda. :)

Catatan

Tutorial ini hanya sebagai materi pembelajaran. Penulis tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan cara di atas. Resiko penyalahgunaan ditanggung oleh pengguna.

Tag: , , , ,

8 Comments

Leave Comment
  1. berbol says:

    tips yang sangat menarik dan bermanfaat terima kasih gan,,,

  2. Aulia says:

    jadi nambah ilmu.. Thanks..!!

  3. Kalau yang pakai inurl itu jujur saja saya belum pernah menggunakannya Sob. Tapi kalau dilihat dari uraian di atas, sepertinya kok sangat mempermudah dalam melakukan pencarian.

  4. Saya kira trik SEO, hehehe. Tapi nggak apa-apa. Artikel yang diposting disini selalu bagus dan bermanfaat koq. Terima Kasih mas. Akan terus cek update-annya. Salam

  5. APK BARU says:

    Wah wah wah,,menambah ilmu nih,,makasih gan,,ane bookmark dolo deh

  6. fara says:

    wow sangat bermanfaat tapi kekurangan bagi saya agak sedikit panjang dan kurang di mengerti oleh saya dan teman saya, alin a.k.a kami tidak membacanya karena kelihatannya sangat membosankan.

    maafkan kami dan tetaplah berkreasi, semoga Allah Swt memberi ilmu yang lebih dalam kepada Superderon…. amiiiin…

  7. boby says:

    Website nya bagus banget, artikel nya berkualitas cool!

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.