Trik Registry Editor – Menampilkan Recycle Bin di Windows Explorer

Trik Registry Editor – Menampilkan Recycle Bin di Windows Explorer

Registry Windows mungkin memiliki banyak misteri yang belum terkuak khususnya untuk end user Microsoft Windows. Dengan sedikit trik dan pengetahuan tentang registry Windows, kita…

Registry Windows mungkin memiliki banyak misteri yang belum terkuak khususnya untuk end user Microsoft Windows. Dengan sedikit trik dan pengetahuan tentang registry Windows, kita bisa memodifikasi sistem menjadi sesuatu yang berbeda dari kondisi standarnya, dan kali ini kita akan melakukan editing registry untuk menampilkan Recycle Bin pada Windows Explorer. Trik ini bisa berguna bagi pengguna yang sering menggunakan Recycle bin dalam sehari-harinya tanpa harus membuka Recycle bin melalui shortcut desktop.

Backup registry

Sebelum memulai melakukan perubahan pada registry, sebaiknya kita lakukan persiapan dengan melakukan back up registry agar jika nanti ada kerusakan registry, kita bisa mengembalikan registry sebelumnya yang masih baik. Bukalah registry editor dengan mengetikkan regedit pada kotak pencarian Start Menu, lalu lakukan export registry dengan mengakses menu File > Export.

Export Registry

Export Registry

Setelah itu akan muncul kotak dialog penyimpanan untuk registry yang diekspor. Berikan nama sesuai dengan keinginan dan ada baiknya jika disertakan tanggal saat dilakukan export pada nama file back up agar memudahkan untuk pencarian nanti.

Save Exported Registry

Save Exported Registry

Klik Save untuk menyimpan.

Menambah Key Registry Windows

Untuk menampilkan Recycle Bin pada Windows Explorer, kita harus menambahkan sebuah key baru pada Registry. Masih pada Registry Editor, navigasikan ke alamat registry berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MyComputer\NameSpace

Ketika alamat sudah ditemukan, klik kanan pada NameSpace > New > Key

Add Key Namespace

Add Key Namespace

Beri nama key dengan teks berikut untuk menampilkan Recycle Bin:

{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}

Jika sudah, maka key yang baru akan nampak seperti gambar berikut:

Add Name Key

Add Name Key

Hasil Pada Windows Explorer

Saatnya melakukan pengecekan setelah melakukan penambahan key untuk registry. Lakukan refresh pada Windows Explorer sehingga bagian recycle bin muncul.

Recycle Bin Explorer

Recycle Bin Explorer

Kini kita sudah lebih mudah mengakses Recycle Bin melalui Windows Explorer. Pengelolaan data seperti delete dan restore data pada Recycle Bin juga menjadi lebih cepat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tag: , , , , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. Ariefbayu says:

    Test comment dari aplikasi BisaKomputer for iPhone

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.