Trik Shutdown menggunakan Command Prompt Pada Windows 7 dan Windows 8

Trik Shutdown menggunakan Command Prompt Pada Windows 7 dan Windows 8

Dulu penulis pernah membahas tentang auto shutdown menggunakan aplikasi pemutar musik Aimp. Kali ini BisaKomputer akan membahas tentang trik melakukan shutdown menggunakan Command Prompt…

Dulu penulis pernah membahas tentang auto shutdown menggunakan aplikasi pemutar musik Aimp. Kali ini BisaKomputer akan membahas tentang trik melakukan shutdown menggunakan Command Prompt atau biasa disingkat menjadi cmd pada Windows 7 dan Windows 8. Dengan memanfaatkan command prompt Windows, Anda tidak perlu repot mencari aplikasi lain untuk melakukan trik-trik shutdown Windows karena command prompt sendiri bisa melakukukan hal itu.

Shutdown Langsung

Shutdown langsung ini berarti kita melakukan shutdown secara langsung seperti biasa. Ini bisa berguna jika suatu saat Windows kita bermasalah dan command prompt hanya satu-satunya jalan. Perintah yang dijalankan pada command prompt adalah:

shutdown -s

Tampilan Shutdown Langsung

Setelah itu akan muncul notifikasi bahwa Windows akan dimatikan.

Shutdown Timer

Shutdown timer ini bisa disebut dengan auto shutdown karena kita memerintahkan Windows untuk melakukan shutdown pada jangka waktu tertentu. Trik ini bermanfaat jika kita ingin mematikan komputer saat kita tertidur pada waktu mendengarkan musik atau kegiatan lainnya. Perintah yang digunakan adalah:

shutdown -s -t 060

Tampilan Shutdown Timer

opsi -t merupakan untuk timer dan 060 merupakan waktunya yang dalam trik ini memerintahkan shutdown setelah 60 detik berlalu.

Shutdown Timer + Message

Trik ini memiliki fungsi yang sama dengan shutdown timer atau auto shutdown seperti di atas, hanya saja kita bisa menambahkan sebuah pesan sebelum shutdown. Pesan tersebut bisa kita buat sendiri sesuai keinginan kita. Contoh perintahnya adalah sebagai berikut:

shutdown -s -t 060 -c “Shutdown dulu ya, jangan lupa kunjungi bisakomputer.com :)”

Tampilan Shutdown Timer Message

Perintah di atas akan memerintahkan Windows kita untuk shutdown setelah 60 detik berlalu dan menampilkan sebuah pesan Shutdown dulu ya, jangan lupa kunjungi bisakomputer.com :)” melalui opsi -c.

Sebelum melakukan trik-trik di atas ada baiknya jika kita menyimpan semua pekerjaan yang sedang kita lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba ya.

Tag: ,

6 Comments

Leave Comment
  1. wahyu says:

    mantab abiz gan…keep going gan

  2. Rifai says:

    udah sering cari keyword timer ini tapi jarang pakai jadinya lupa terus, lebih praktis ini daripada harus pake aplikasi tambahan

    ini kalo mau cancel gimana ya gan ? buat antisipasi aja kalo salah ngetik timer

  3. teguh says:

    ini hitungannya bagaimana,,? misalkan mau shutdown 6 jam kemudia?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.