Tutorial Menambahkan Multiple Clocks di Windows 7

Tutorial Menambahkan Multiple Clocks di Windows 7

Penunjuk waktu merupakan hal penting bagi setiap orang karena waktu merupakan acuan sebagai suatu aktivitas tertentu atau sebagai pengingat suatu peristiwa. Salah satu penunjuk…

Penunjuk waktu merupakan hal penting bagi setiap orang karena waktu merupakan acuan sebagai suatu aktivitas tertentu atau sebagai pengingat suatu peristiwa. Salah satu penunjuk waktu yang kita kenal adalah jam. Penunjuk jam wujudnya bermacam-macam dari jam tangan, jam dinding, jam meja, sampai di komputer pun ada penunjuk jam. Nah kali ini kita akan bermain-main dengan penunjuk jam di Windows 7 untuk menambahkan penunjuk jam tambahan.

Untuk Apa Multiple Clocks?

Windows 7 ternyata memiliki kemampuan untuk menampilkan multiple clocks atau penunjuk jam lebih dari satu. Apa gunanya? Jawabannya adalah ketika kita berada pada permasalahan zona waktu dunia seperti berikut:

  1. Ketika kita memiliki client yang lokasinya berada di luar zona waktu daerah kita dan kita ingin membuat suatu perjanjian yang mau tidak mau harus bisa mengetahui perbedaan jam.
  2. Saat kita bepergian ke daerah lain dan kita ingin mengetahui jam di daerah yang baru dengan daerah kita sebelumnya.
  3. Saat kita diharuskan menghadiri online meeting yang sudah terjadwal pada zona waktu di daerah asal diadakannya meeting.

Daripada repot untuk bolak balik menyetel ulang jam pada Windows, kita bisa menambahkan beberapa jam untuk zona waktu yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.

Menambahkan Additional Clock

Buka pengaturan waktu melalui Control Panel > Date and Time.

Date and Time

Date and Time

Nanti akan terbuka Date and Time window sebagai tempat kita melakukan pengaturan waktu. Navigasikan ke tab Additional Clock.

Additional Clock

Additional Clock

Di sana terdapat dua opsi untuk mengaktifkan jam tambahan dan kita bisa menggunakan salah satu atau bahkan dua-duanya sekaligus. Untuk menambahkan, beri tanda centang pada Show this clock lalu pilihlah zona waktunya pada bagian Select Time Zone.

Select Time Zone

Select Time Zone

Kemudian beri nama jam sebagai penanda jam tersebut dalam zona mana pada bagian Enter display name.

Enter Display Name

Enter Display Name

Klik OK atau Apply untuk mengakhiri pengaturan. Jika kita ingin menambahkan sebuah jam lagi, lakukan cara yang sama seperti di atas pada bagian Show this clock yang belum dipilih. Hasilnya? Bukalah penunjuk waktu pada system tray di taskbar Windows, lalu kita bisa melihat ada tambahan jam yang muncul dengan zona waktu yang berbeda sesuai dengan pengaturan kita.

Show Additional Clock

Show Additional Clock

Keren bukan? Ada tiga penunjuk waktu dengan zona waktu berbeda dapat kita lihat.

Penutup

Penambahan multiple clocks pada sistem Windows kita juga tidak hanya untuk kepentingan bisnis antar client saja. Bagi pembaca yang hanya ingin mengetahui perbedaan zona waktu di dunia internasional, cara ini adalah cara yang tepat tanpa harus menghitung manual perbedaan waktu antar zona. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tag: , , , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.