Tutorial Mendesain Kartu Lebaran Sederhana

Tutorial Mendesain Kartu Lebaran Sederhana

Tutorial Information

ProgramAdobe Photoshop
VersionCreative Suite (CS)
DifficultyPemula
Estimated Time30 menit
DownloadClick this link

Pendahuluan Lebaran tinggal beberapa hari lagi, yuk saling mengucapkan dan merayakannya dengan berkirim-kirim kartu lebaran. Tinggalkan sms karena bakalan pending mulu :D, mari meluangkan…

Pendahuluan

Lebaran tinggal beberapa hari lagi, yuk saling mengucapkan dan merayakannya dengan berkirim-kirim kartu lebaran. Tinggalkan sms karena bakalan pending mulu :D, mari meluangkan sedikit waktu dan effort untuk membuat desain kartu lebaran yang sederhana. Silahkan ikuti tutorial singkat ini.

Langkah 1

Buka aplikasi Adobe Photoshop Anda lalu buat File baru dengan cara File > New. Buat kanvas kerja dengan ukuran 15 x 21 cm, resolusi 300 pixels/inch dan color mode CMYK.

Membuat Kanvas Kerja

 

Langkah 2

Buka file gambar masjid (unduh pada resource files) dengan cara File > Open (cari direktori tempat Anda menyimpan file tersebut). Selanjutnya klik dan drag gambar masjid ke dalam kanvas kerja Anda dengan tetap menggunakan Move Tool.

Klik dan Drag Gambar Masjid ke dalam Kanvas

 

Langkah 3

Selanjutnya kita atur warna dan tingkat kecerahan dari gambar masjd tersebut. Pilih Curves (Image > Adjustments > Curves) isikan Output dengan 75 dan Input dengan 70. Lalu pilih Color Balance (Image > Adjustments > Color Balance) dan isikan dengan +30, +12, dan -50. Lanjut dengan Levels (Image > Adjustments > Levels) isikan dengan 0.80.

Mengatur Warna dan Kecerahan

Langkah 4

Buka file gambar Old Paper. Pilih Magic Wand Tool pada toolbox di sebelah kiri lalu klik pada background abu-abu di gambar Old Paper tersebut. Bila benar akan muncul garis seleksi berkedip-kedip.

Magic Wand Tool untuk Menyeleksi Gambar

 

Langkah 5

Tetap pada file gambar Old Paper. Pilih menu Select > Similar.

 

Langkah 6

Tetap pada file gambar Old Paper. Pilih menu Select > Inverse.

 

Langkah 7

Tetap pada file gambar Old Paper. Pilih menu Select > Modify > Contract dan isikan dengan 1 lalu tekan OK.

Select > Modify > Contract

 

Langkah 8

Tetap pada file gambar Old Paper. Pilih menu Select > Modify > Feather dan isikan dengan 0.2 lalu tekan OK. Selanjutnya pindah ke Move tool dan drag gambar Old Paper ke kanvas kerja Anda. Bila benar gambar Old Paper tersebut bakal terpotong dan berada pada layer diatas gambar masjid.

Memotong Background Gambar Old Paper

 

Langkah 9

Rotate dan kecilkan sedikit gambar Old Paper tersebut, lalu posisikan di sebelah kiri bawah. Selanjutnya kita atur warnanya dengan memilih menu Curves (Image > Adjustments > Curves) isikan Output dengan 40 dan Input 50 lalu tekan OK.

Mengatur Warna Old Paper

 

Langkah 10

Tambahkan teks dengan Horizontal Type Tool pilih font Alhambra dengan ukuran 16 point. Ganti font “1 Syawal 1433 H” dengan font “catharsis Bedouin”.

Menambahkan Teks

 

Langkah 11

Yeah selesai! bisa Anda simpan file-nya dan simpan lagi ke dalam format JPG. Anda bisa segera mencetaknya ke dalam printer dan atur di kertas A4 menjadi 2.

Hasil Akhir Kartu Lebaran

 

Penutup

Cukup mudah bukan :) dengan sedikit effort Anda sudah bisa membuat desain kartu lebaran sendiri. Bila ada kebingungan di dalam langkah-langkah tutorial diatas, silahkan Anda tanyakan lewat kolom komentar.

Tag: , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. Mantabbhhh mas broooww….

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.