Tutorial Photoshop: Cara Membuat Eyeshadow

Tutorial Photoshop: Cara Membuat Eyeshadow

Tutorial Information

ProgramAdobe Photoshop
VersionCreative Suite (CS)
DifficultyPemula
Estimated Time15 Menit
DownloadClick this link

Mata yang cantik tentu dambaan setiap wanita, untuk itu produsen make up terus berinovasi dengan beragam produk kosmetik untuk mata. Salah satunya adalah eyeshadow,…

Mata yang cantik tentu dambaan setiap wanita, untuk itu produsen make up terus berinovasi dengan beragam produk kosmetik untuk mata. Salah satunya adalah eyeshadow, perona mata ini dapat membuat seorang wanita kelihatan lebih berkarakter dengan permainan warna-warna tertentu.  Trik Adobe Photoshop kali ini akan membantu mempercantik foto tanpa make up dan membuatnya lebih berwarna. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Klik kanan pada layer Background dan klik Duplicate Layer.

Duplikat

Duplikat Layer

Zoom in hingga fokus di area mata dan buat layer baru di atas Background Copy dengan mengklik New Layer.

Zoom in dan Buat Layer Baru

Zoom in dan Buat Layer Baru

Pilih warna eyeshadow yang akan digunakan di tab Swatches; untuk membuat efek smoky eyes seperti pada contoh gunakan dua warna tua dan muda dalam satu tone (contoh: hitam dan abu-abu, biru navy dan biru laut, ungu tua dan ungu muda). Klik Brush Tool, pilih jenis Soft Round dengan mengklik pada tool bar yang muncul setelah Brush Tool diklik (lihat gambar). Pilih ukuran yang sekiranya tidak terlalu besar, pada contoh ukuran kuas sebesar 14-18 px. Mungkin akan berbeda pada foto yang lain, mainkan ukuran kuas untuk mendapatkan hasil yang lebih sesuai. Penerapan eyeshadow tepat di kelopak mata, tidak keluar sampai mendekati hidung atau terlalu ke atas hingga ke alis. Ubah Blending dari Normal ke Multiply, apabila warna masih kurang menyatu dengan kulit mainkan Opacity.Pastikan untuk melakukan tahap ini di layer baru yang sudah dibuat di tahap kedua tadi.

pick colorsoft round brush

pilih brush dan warna

Efek smoky eyes adalah adanya warna smokey di bagian atas kelopak mata, untuk itu digunakan warna yang lebih muda. Buat layer baru dan seperti tahap sebelumnya, sapukan warna di atas bagian yang berwarna tua, gunakan kuas yang lebih kecil. Ubah Opacity-nya hingga hasilnya tampak lebih menyatu dengan warna yang lebih tua serta kulit.

Softer Color

Softer Color

Sekarang buat highlight tepat di bawah ujung alis (bagian alis yang menanjak), pilih warna yang sedikit lebih terang dari kulit (amannya gunakan warna dengan tone emas atau cream). Gunakan Soft Round Brush dan sapukan di sepanjang bagian alis yang menanjak, ubah Blending dari Normal menjadi Soft Light dan bila perlu ubah Opacity-nya juga.

Highlight

Highlight

Tidak perlu mengulang teknik yang sama untuk mata yang lainnya, cukup tekan Shift dan klik layer warna tua, warna muda dan highlight lalu klik kanan dan klik Duplicate Layer. Kemudian akan terbentuk 3 layer duplikat, klik Move Tool dan geser layer duplikat ke sisi mata yang belum diedit (gunakan tombol keyboard untuk menggeser, supaya hasilnya lebih rata dengan sisi sebelahnya). Letakkan hingga posisinya menyamai mata di sebelahnya, balik (rotate) hasil duplikat tersebut dengan menarik pointer tengah yang ada di samping (kiri atau kanan) ke arah yang berlawanan. Jadi dari pangkal mata ke ujung mata, atau sebaliknya.

duplicate nudge rotate

Duplicate Eyeshadow

Untuk menambah rona wajah, silahkan tambahkan blush on dan lipstik dengan teknik yang sudah kita pelajari sebelumnya.

Hasil Akhir Eyeshadow

Hasil Akhir Eyeshadow

Jangan lewatkan serial make dengan photoshop ini. Pada ulasan terdahulu telah diulas cara menambahkan lipstik.

Tag: , , , , ,

5 Comments

Leave Comment
  1. desy says:

    selain make up apa ajah….bisa ubah gaya rambut gak

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.