Tutorial Photoshop: Make Up series Blush On

Tutorial Photoshop: Make Up series Blush On

Tutorial Information

ProgramAdobe Photoshop
VersionCreative Suite (CS)
DifficultyPemula
Estimated Time15 Menit
DownloadClick this link

Kini blush on tidak hanya digunakan ketika ada acara spesial saja tetapi juga hampir menjadi make up yang menemani hari-hari para wanita dalam beraktivitas…

Kini blush on tidak hanya digunakan ketika ada acara spesial saja tetapi juga hampir menjadi make up yang menemani hari-hari para wanita dalam beraktivitas seperti di kantor, di kampus atau sekedar jalan-jalan bersama sahabat, selain bedak dan lipstik tentunya. Fungsi blush on adalah untuk memberikan rona wajah bersemu kemerahan sesuai dengan tone warna kulit, singkatnya supaya tidak kelihatan pucat. Dengan berbekal Adobe Photoshop, kini seorang wanita bisa memiliki warna blush on yang mana saja. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Klik kanan pada layer Background dan klik Duplicate Layer. Kemudian buat layer baru di atasnya dengan mengklik New Layer.

Open foto and Duplicate

Open foto and Duplicate

Pilih warna blush on yang akan digunakan di tab Swatches; normalnya blush on akan berwarna soft pink atau peach/oranye muda. Klik Brush Tool, pilih jenis soft brush dengan mengklik pada tool bar yang muncul setelah Brush Tool diklik (lihat gambar). Perbesar ukurannya sampai kursor bisa menyapu pipi dalam sekali kuas. Penerapan blush on yang benar adalah di bagian tulang pipi yang menonjol ke arah belakang mendekati telinga. Sapukan di kedua pipi secara merata, pastikan untuk melakukan tahap ini di layer baru yang sudah dibuat di tahap pertama tadi.

Brush

Brush

Pastikan layer tempat warna disapukan tadi masih terpilih (berwarna abu-abu gelap pada tab layer), kemudian mulai ubah Blending dari Normal menjadi Darken serta ubah Opacity hingga warna yang tadinya solid menjadi lebih transparan dan tampak lebih alami di kulit.

Blending Opacity

Blending Opacity

Ketika warna yang ditampilkan sudah sesuai dengan yang diinginkan, save as foto sebagai file .JPEG. Hasil pengaplikasian warna blush on yang berbeda bisa dilihat pada contoh foto.

Color Palette

Color Palette

Penutup

Fungsi blush on adalah supaya wajah tampak merona, bukannya merah meradang akibat terbakar matahari atau malah seperti Jeng Kelin yang hanya berbentuk lingkaran di tulang pipi dengan warna yang cenderung magenta atau pink tua. Jadi, aplikasikan senatural mungkin meski melalui proses digital.  Selamat mencoba! :)

Tag: , , , , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. Hanggar PS says:

    saya sudah sering menggunakan efek yang satu ini di photoshop, :D hehehehehehe

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.