Tutorial Photoshop: Membuat Bulu Mata Lebih Panjang dan Tebal

Tutorial Photoshop: Membuat Bulu Mata Lebih Panjang dan Tebal

Tutorial Information

ProgramAdobe Photoshop
VersionCreative Suite (CS)
DifficultyPemula
Estimated Time15 Menit
DownloadClick this link

Memiliki bulu mata yang panjang dan lentik tentu impian setiap wanita, dengan begitu mata jadi kelihatan lebih cantik bak boneka. Melentikkan bulu mata pun…

Memiliki bulu mata yang panjang dan lentik tentu impian setiap wanita, dengan begitu mata jadi kelihatan lebih cantik bak boneka. Melentikkan bulu mata pun bisa melalui berbagai cara, mulai dijepit menggunakan eyelash-curler, mengaplikasikan maskara (yang menebalkan, memanjangkan dan lain sebagainya) sampai pasang bulu mata palsu. Tetapi kalau ingin foto yang sudah ada dipercantik, tentu tidak perlu melalui langkah-langkah ribet di atas. Cukup buka Adobe Photoshop dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Klik New Layer, beri nama “Eyelashes” dan zoom in hingga fokus di kedua mata.

New layer and Zoom in

New layer and Zoom in

Klik Brush Tool dan load file Brush khusus bulu mata yang bisa diunduh di sini. Pilih model yang diinginkan dan ubah ukurannya (geser parameter ke kiri dan kanan) hingga sebesar mata dalam foto.

Select Eyelashes

Select Eyelashes

Setelah memilih model, pilih warna bulu mata yang diinginkan (pada contoh adalah warna hitam #000000). Lalu klik kursor tepat di tempat bulu mata asli berada, pada tahap ini pastikan proses berlangsung di layer “Eyelashes”. Apabila posisinya masih kurang pas, klik Move Tool (pastikan Show Transform Controls sudah dicentang, untuk memunculkan pointer seperti pada gambar) dan putar posisinya hingga tepat melingkari garis kelopak mata atas.

Transform

Transform

Klik kanan layer “Eyelashes” di tab layer, lalu klik Duplicate Layer. Klik Move Tool dan geser ke sisi mata yang lainnya hingga menutupi bulu mata asli. Klik tombol Edit (di toolbar sisi atas) > Transform > Flip Horizontal. Kini bulu mata lebih sesuai untuk sisi mata yang lain, gunakan kembali Move Tool dan mainkan pointer-nya untuk menempatkan bulu mata tepat melingkari garis kelopak mata.

Duplikat and Nudge up

Duplikat and Nudge up

Ulangi langkah pertama hingga terakhir untuk bulu mata bagian bawah. Berikut hasil jadi ketika bulu mata atas dan bawah sudah ditambahkan.

Hasil Akhir

Hasil Akhir

Warna bulu mata senyatanya adalah hitam, namun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan eksperimen dengan berbagai warna yang tidak lazim.  Selamat mencoba! :)

Tag: , , , , , ,

6 Comments

Leave Comment
  1. Haqqi says:

    Semakin menganut faham “jangan percaya avatar” setelah baca2 artikel photoshop di sini.. :|

  2. trima ksih ya gan, postng’a bgus2 smuanya..
    jdi btah sya d posting ini. :) wkwkwkwk
    sukses deh bwt yg bkin artikel’a :)

  3. risma devi natallia says:

    Makasih banget atas infonya. sangat bermanfaat sekali

  4. Eko Purnomo says:

    Request tutorial tentang cara membuat logo website bisa?
    Terima kasih responnya.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.