Tutorial Photoshop: Membuat Efek Fisheye Lense (bagian 1)

Tutorial Photoshop: Membuat Efek Fisheye Lense (bagian 1)

Tutorial Information

ProgramAdobe Photoshop
VersionCreative Suite (CS)
DifficultyPemula
Estimated Time10 Menit
DownloadClick this link

Lensa fisheye kini menjadi gengsi tersendiri bagi pemilik kamera DSLR, mengingat kemampuannya menampilkan gambar dengan gaya tertentu yang tidak lazim. Lalu bagaimana jadinya apabila…

Lensa fisheye kini menjadi gengsi tersendiri bagi pemilik kamera DSLR, mengingat kemampuannya menampilkan gambar dengan gaya tertentu yang tidak lazim. Lalu bagaimana jadinya apabila tidak memiliki kamera DSLR tapi ingin memiliki gambar berefek fisheye? Atau bagaimana bila sudah memiliki gambar-gambar tertentu yang ternyata akan lebih menarik bila diambil dengan lensa fisheye? Dengan berbekal Adobe Photoshop, gambar apapun bisa diubah ke dalam tampilan fisheye. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Membuka Foto

Membuka Foto

Membuka Foto

Buka foto yang akan diedit. Sebisa mungkin menggunakan foto ber-setting landscape atau posisi horizontal supaya hasilnya lebih optimal. Ubah status Layer Background menjadi Layer biasa dengan mengklik kanan layer dan pilih opsi Layer From Background, klik OK.

Menambahkan Efek Fisheye

Memilih Fisheye

Memilih Efek Fisheye

Klik Edit > Transform > Warp, setelah opsi terakhir diklik akan muncul pointer-pointer dan garis pada gambar. Saatnya memilih opsi Fisheye, letaknya ada di Toolbar di atas gambar. Ubah prosentase sesuai keinginan, apabila masih kurang menonjolkan efek yang dihendaki silahkan ditambah. Pada gambar ini prosentase yang ditambahkan adalah 25% dari default 50%, sehingga efek yang digunakan sebesar 75%. Klik tanda centang yang ada di ujung kanan Toolbar bila sudah selesai.

Flatten Image

Flatten Image

Flatten Image

Apabila sudah puas dengan hasilnya, klik kanan layer dan klik Flatten Image untuk mengembalikan gambar sebagai satu layer tunggal.

Hasil Fisheye

Hasil Akhir

Hasil Akhir Fisheye

Berikut hasilnya, jangan lupa save as yaa!

Penutup

Before After

Sebelum dan Sesudah Fisheye

Pastikan ukuran gambar yang akan diedit memiliki resolusi yang cukup tinggi supaya ketika efek bekerja, hasilnya tidak memecah pixel gambar (baca: hasil menjadi kabur di beberapa bagian yang tertarik). Selamat mencoba! :)

Tag: , , ,

9 Comments

Leave Comment
  1. trima kasih :) tutorialnya bagus

  2. Carla says:

    Photoshopnya pake yang tahun berapa ya? balas,makasih :)

    • nindy says:

      Hi Carla,

      Setau saya, Photoshop ga ada versi tahun seperti di Ms.Word atau Ms.Office pada umumnya. In case you wanna know the version, untuk tutorial ini saya pakai Photoshop CS3.

  3. fidina says:

    menu edit yg wrap kok nggak ada ya?

  4. Marsya says:

    Permisi.. kenapa di PS saya tidak ada warp nya ya?
    Saya menggunakan Adobe PS CS.. Mohon bantuan nya terimakasih:)

  5. Pandu says:

    gan di Ps 7.0 ga ada tool Warp T^T

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.