Tutorial Photoshop: Membuat Efek Fisheye Lense (bagian 2)

Tutorial Photoshop: Membuat Efek Fisheye Lense (bagian 2)

Tutorial Information

ProgramAdobe Photoshop
VersionCreative Suite (CS)
DifficultyPemula
Estimated Time20 Menit
DownloadClick this link

Sebelumnya pada tulisan membuat efek fisheye (bagian 1), penulis sudah menjelaskan cara pembuatan fisheye yang dihasilkan oleh lensa pelengkap kamera DSLR. Nah, Selain bisa…

Sebelumnya pada tulisan membuat efek fisheye (bagian 1), penulis sudah menjelaskan cara pembuatan fisheye yang dihasilkan oleh lensa pelengkap kamera DSLR. Nah, Selain bisa didapat melalui lensa pelengkap kamera DSLR, efek fisheye juga bisa diperoleh dari jepretan kamera Lomo. Kamera jenis ini sudah banyak beredar di Indonesia dan populer di kalangan anak muda mengingat harganya tidak semahal DSLR yang mencapai jutaan rupiah. Di samping efek fisheye, keunggulan lain dari  kamera Lomo adalah tone warna yang dihasilkan memiliki kekhasan yang tidak dimiliki kamera digital manapun. Namun, kini hal itu bisa dilakukan siapa saja bahkan yang tidak memiliki kamera Lomo sekalipun. Dengan berbekal Adobe Photoshop, gambar apapun bisa diubah bak hasil jepretan Lomo Fisheye. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Membuat Efek Tone Khas Kamera Lomo

Pengaturan Tone Gambar

Pengaturan Tone Gambar

Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Kamera Lomo memiliki efek tone warna yang khas, untuk itu akan dilakukan sedikit penyesuaian pada tone/warna gambar. Klik tab Channel, klik bagian Red saja, klik Image > Adjustments > Brightness/Contrast, ketik 60 di kolom Contrast saja lalu klik OK. Sekarang lakukan hal yang sama dengan bagian Green (masih pada tab Channel), bedanya ketik 80 di kolom Contrast. Angka 60 atau 80 tidak mutlak, bisa diubah apabila efek warna yang dihasilkan masih kurang “Lomo”. Hasilnya bisa dilihat dengan mengklik RGB pada tab Channel.

Hasil Pengaturan Tone Gambar

Hasil Pengaturan Tone Gambar

Seleksi Area Dalam Bentuk Lingkaran

Seleksi Area

Seleksi Area Dalam Bentuk Lingkaran

Sekarang mulai membuat efek Fisheye. Klik kanan tombol Marquee Tool dan pilih opsi Elliptical Marquee Tool untuk menyeleksi area dalam bentuk lingkaran. Tekan Shift pada keyboard sambil tarik kursor untuk menyeleksi area yang ingin diedit (dalam bentuk lingkaran bulat utuh).

Memberikan Filter Spherize

FIlter Spherize

FIlter Spherize

Sementara area masih terseleksi (garis putus-putus masih aktif), klik Filter > Distort > Spherize > OK dan hasilnya pun bisa dilihat pada gambar.

Memberikan Fill Berwarna Hitam

Opsi Black

Opsi Black

 

Fill black

Tampilan Fill Black

Dengan garis seleksi masih aktif, klik kanan dan pilih Select Inverse. Tinggalkan dulu dan buat layer baru. Kembali ke area gambar, klik kanan dan pilih opsi Fill. Pada bagian Contents, klik pilihan Use > Black (hitam) lalu klik OK.

Memberikan Bevel and Emboss

Bevel and Emboss

Bevel and Emboss

Kemudian klik kanan area gambar dan pilih Select Inverse untuk mengembalikan seleksi menjadi hanya lingkaran. Klik kanan layer Hitam dan pilih opsi Blending Options. Klik dan centang menu Bevel and Emboss, lakukan penyesuaian seperti pada gambar lalu klik OK.

Memberikan Efek Blur

Gaussian blur

Gaussian blur

Pastikan garis seleksi masih aktif, klik Filter > Blur > Gaussian Blur. Tingkat blur bisa berbeda pada masing-masing gambar, pada tutorial ini angka yang digunakan sebanyak 90 pixel. Pastikan blur memberikan efek Vignette (mendekati tepian lingkaran warnanya menjadi semakin gelap atau kehitaman). Lalu klik OK.

Buat Tampilan Menjadi Persegi

Efek fisheye ala kamera Lomo ini akan lebih menarik bila bentuknya square/persegi, jadi klik kanan layer dan pilih Flatten Image. Seleksi menggunakan Rectangular Marquee Tool (tekan Shift pada keyboard sembari menarik kursor supaya bentuknya persegi yang sama sisi). Klik Image > Crop dan hasilnya bisa dilihat pada gambar. Jangan lupa di-save as ya!

Hasil Akhir Efek FIsheye

Hasil Akhir Efek FIsheye

Penutup

Sama seperti Membuat Efek Fisheye Lense (bagian 1), pastikan ukuran gambar yang akan diedit memiliki resolusi yang cukup tinggi supaya ketika efek bekerja, hasilnya tidak memecah pixel gambar (baca: hasil menjadi kabur di beberapa bagian yang tertarik). Selain itu, supaya efek Lomo bisa lebih optimal, gunakan daylight foto (bukan yang malam hari) untuk menonjolkan warna/tone khas Lomo. Selamat mencoba! :)

Tag: , , , ,

11 Comments

Leave Comment
  1. juliane says:

    itu yg fill dimna ya? saya newbi jadi gag tau cari fill dimana

    • nindy says:

      Hi, Juliane

      Untuk Fill, ini yang dimaksud Fill hitam itu kah? Kalau iya, setelah membuat layer baru, kembali ke area foto yang sedang diedit dan klik kanan di area tersebut. Lalu cari Fill dan klik, pilih Use: Black.

      Cara kedua, mungkin setelah membuat layer baru, cari Edit (di bagian toolbar atas) > Fill > Use: Black.

      Semoga membantu :)

  2. Topan says:

    Semoga Ilmunya Bertambah Terus Mba Nindy..

  3. fiko says:

    mbak saya nemu kesulitan di bagian menghitamkan bagian belakangnya, itu gimana ya?

    • nindy says:

      Hi Fiko,

      Di komen paling atas saya udah jelasin lebih detail, kalau di tutorial atas masih kurang jelas.

      Kalau masih kurang jelas juga, saya ga ngerti kesulitanmu di bagian mana karena kamu ga jelasin. Kalau sama dgn permasalahan di komen paling atas, ya sekiranya itu udah saya tuliskan solusinya :)

      • fiko says:

        iya mba kesulitan nya itu background belakang nya ga mau berubah jadi item. yg item malah di bagian lingkarannya

        • nindy says:

          hi Fiko,

          hehee kamu pasti kelewatan bagian ini deh, “Dengan garis seleksi masih aktif, klik kanan dan pilih Select Inverse.”

          Select Inverse itu membalik seleksi yang tadinya lingkaran jadi bagian di luar lingkaran. Dicoba lagi aja! :)

    • dewi says:

      Fotonya itu yg dipke di blog pake efek apa nmanya?

  4. Raka says:

    Nice mbak (y)

  5. Blur Efek says:

    Bagus tutorialnya, lengkap..

  6. dewi says:

    Tulis tutorial efek aquamarine dong kak

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.