Tutorial Photoshop: Membuat Efek Menulis dengan Kapur Tulis pada Teks

Tutorial Photoshop: Membuat Efek Menulis dengan Kapur Tulis pada Teks

Tutorial Information

ProgramAdobe Photoshop
VersionCreative Suite (CS)
DifficultyPemula - Standar
Estimated Time20 Menit
DownloadClick this link

Menulis dengan kapur tulis mengingatkan kita pada saat duduk di bangku sekolah dasar atau sekolah menengah pertama. Sekertaris kelas akan menulis catatan guru agar…

Menulis dengan kapur tulis mengingatkan kita pada saat duduk di bangku sekolah dasar atau sekolah menengah pertama. Sekertaris kelas akan menulis catatan guru agar kita bisa menyalin catatan guru tersebut. Terisnpirasi hal tersebut, mari kita coba membuat efek teks kapur tulis dengan software Adobe Photoshop. Ikuti langkah berikut ini.

Mengatur Ukuran Papan Tulis

Yang harus disiapkan untuk tutorial kali ini adalah gambar papan tulis. Atur ukuran lebar atau width pada gambar dengan klik menu Image > Image Size > dan ganti width menjadi 800 pixels dengan height auto mengikuti ukuran width-nya dan resolution-nya 72 pixels/inch.

Mengatur Ukuran Papan Tulis

Mengatur Ukuran Papan Tulis

Menuliskan Teks pada Papan Tulis

Klik Horizontal Type Tool (T) untuk mulai menuliskan teks. Font yang digunakan dalam tutorial ini adalah font “Blokletters Potlood” dengan ukuran 100pt yang berwarna putih (#ffffff). Ketikkan “Writing” pada layer teks pertama dan “With Chalk” pada layer teks kedua.

Menulis Teks

Menulis Teks pada Papan Tulis

Membuat Efek Goresan Kapur Tulis

Pilih Brush Tool (B), dan gunakan brush “Chalk 44 pixels” kemudian lakukan pengaturan pada brush untuk membuat kesan atau efek goresan kapur tulis. Pada Brush Tip Shape, buat diameternya menjadi 13px dengan Spacing 5%.

Brush Chalk

Brush Chalk

Atur Brush

Atur Brush

Kemudian centang pada Shape Dinamics, dan pada bagian Size Jitter ubah menjadi 33%.

Shape Dynamic

Pengaturan pada Shape Dynamic

Centang pula pada bagian Dual Brush. Ganti Diameter menjadi 1px, Spacing 1%, Scatter 0 %, dan Count 1. Centang pula pada bagian Smoothing.

Dual Brush

Pengaturan pada Dual Brush

Sembunyikan teks dengan klik symbol mata pada sebelah kiri layer teks.

Invisible

Menyembunyikan Teks

Klik kanan pada layer teks, dan pilihlah Create Work Path.

Create Work Path

Create Work Path

Setelah klik Create Work Path maka akan muncul seperti sketsa dari teks, dalam hal ini adalah teks “Writing”. Kemudian buatlah layer baru yang nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk mewarnai dan memberi efek goresan kapur tulis pada teks.

Membuat Layer Baru

Membuat Layer Baru

Pilih Path dan Set Foreground Colornya menjadi warna putih #ffffff. Kemudian klik kanan pada Work Path yang didalamnya berisi sketsa teks “Writing” dan pilih Stroke Path.

Path dan Foreground Color

Atur Foreground Color

Hasil Pewarnaan pada Teks "Writing"

Hasil Pewarnaan pada Teks “Writing”

Klik kanan pada Teks “With Chalk” dan pilih Create Work Path seperti langkah pada teks “Writing”. Yang berbeda pada teks “With Chalk” ini adalah pemberian warna yang berwarna warni. Pilih Direct Selection Tool (A) dan seleksi pada Teks”With Chalk” pada huruf W.

Pewarnaan pada Teks "With Chalk"

Pewarnaan pada Teks “With Chalk”

Ganti Warna pada foreground color dengan warna hijau (#73f488), klik kanan dan pilih stroke subpath dan hasilnya kurang lebih seperti berikut.

Pewarnaan teks

Hasil dari Mengubah Warna pada Foreground Color

Beri warna kuning(#ecf473) pada huruf “i” dan “h”, serta warna hijau (#73f488) pada huruf “t”. Untuk huruf “Ch” dan “l” beri warna biru (#5ec0ed) sedangkan pada huruf “a” dan “k” beri warna merah muda (#f554be). Dan hasilnya adalah seperti berikut ini.

Hasil Akhir Efek Teks Chalk

Hasil Akhir Efek Teks Chalk

Bagaimana, mudah bukan dalam pembuatannya :). Disini pada bagian akhir saya menambahkan memberikan Gradient Map untuk memberi kesan warna vintage. Selamat mencoba.

Tag: , , , ,

9 Comments

Leave Comment
  1. faqih says:

    cara untuk ngatur brush nyaa gimana? untuk tulisan yang banyak… karena ketika saya ini meletakkan kata yang banyak… cara pengaturan brush diatas hasilnya jadi jelek… mohon bantuaannya yaaa.. :D

    • Wulan says:

      Hai Faqih.. ^^
      sebenarnya untuk pengaturan brush tidak mutlak seperti contoh diatas,
      tetapi saya memberi pengarahan secara garis besar bahwa pengaturan kapur hanya terletak pada pengaturan besarnya brush, Shape Dynamics dan Dual Brush, untuk hasil teks yang jadi jelek, menurut saya bukan dari tulisan yang banyak, melaikan pengaturan pada brush yang masih belum sesuai dengan keinginan Faqih. mungkin Brushnya terlalu besar, atau lebih diexplore lg pada bagian Shape Dynamics dan Dual Brushnya. Oh iya faktor jenis font yang digunakan juga mempengaruhi.
      cheers ;)

  2. Dayangku Azizah says:

    hello wulan,i love all your tutorial.thank you for sharing but i want to request something.hehe :D.. can you make an entry/or teach me how to make a picture with a layout size. i really want to suprise my close friend by giving that for her birthday this coming month. i’m so thankful if you can help me.thank you so much :D

    • Wulan says:

      Hai Azizah…
      terimakasih Anda menyukai tutorial saya ^^
      bisakah Anda menjelaskan lebih detail tentang request anda “make a picture with a layout size?” maby i can help ^^ thanks

  3. Dian says:

    Keren (y) Mkasih turtorialnya

  4. julipermana says:

    “Kemudian klik kanan pada Work Path yang didalamnya berisi sketsa teks “Writing” dan pilih Stroke Path.”
    Pada waktu pilih Stroke Path muncul pilihan lagi (default: Brush) : pencil, brush, Eraser, Background Eraser, dst. Pilih yang mana ?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.