Tutorial Photoshop: Membuat Efek Teks Neon

Tutorial Photoshop: Membuat Efek Teks Neon

Tutorial Information

ProgramAdobe Photoshop
VersionCreative Suite (CS)
DifficultyPemula - Standar
Estimated Time20 Menit
DownloadClick this link

Saat jalan – jalan malam hari, kita pasti dapat menemukan neon yang berbentuk teks. Entah itu di depan toko, mall, hotel, resto, rumah sakit,…

Saat jalan – jalan malam hari, kita pasti dapat menemukan neon yang berbentuk teks. Entah itu di depan toko, mall, hotel, resto, rumah sakit, atau  dimanapun. Teks neon ini seringkali digunakan untuk menarik perhatian orang karena warna dan cahayanya yang bersinar pada malam hari. Kita coba buat yuk, teks yang dapat menyala seperti neon :D

Buat Lembar Kerja Baru

Sebagai langkah awal, siapkan gambar untuk background. Bisa gambar tembok, seng, besi atau yang lainnya. Kemudian buat lembar kerja dengan ukuran width 800 pixels dan height 600 pixels.

Memasukkan Gambar Background

Masukkan gambar untuk background dan pilih menu Layer > New Adjustment Layer > Hue / Saturation. Kemudian lakukan pengaturan dengan mengubah Lightness menjadi -85.

Atur Hue Saturation

Pengaturan Hue Saturation

Menuliskan Teks Neon

Pilih Horizontal Type Tool (T), dan tuliskan “neon” dan “light” pada lembar kerja. Font yang digunakan pada tutorial ini adalah “2 Lines font”.

Pengaturan Warna pada Teks

Pengaturan Warna pada Teks

Mengatur Blending Options Efek Neon

Klik kanan pada tulisan neon dan pilih Blending Options. Pengaturannya adalah sebagai berikut.

Drop Shadow

Centang Drop Shadow pada Blending options. Ganti Multiply menjadi normal sehingga warna dapat muncul, dan beri warna #fa479f serta ganti Distance menjadi 0 agar bayangan tepat berada dibelakang teks, Spread 16 untuk membuat efek cahaya dengan Size 57. untuk mengatur besarnya cahaya.

Drop Shadow

Pengaturan Drop Shadow

Inner Shadow

Centang pada Inner Shadow, dan berikan warna #faabd4.

Inner Shadow

Pengaturan Inner Shadow

Outer Glow

Masih tetap pada lembar Blending Options centang pada Outer Glow untuk mendapatkan kesan cahaya pada sisi luar dan dalam teks.

Outer Glow

Pengaturan Outer Glow

Bevel and Emboss

Klik bagian Bevel and Emboss. Pada Soften ganti ukuran dari 0 menjadi 5. dan ganti warna pada Multiply dengan warna #faabd4.

Bevel and Emboss

Pengaturan Bevel and Emboss

Satin

Lakukan pengaturan juga pada Satin dengan mengubah warna hitam menjadi warna #ffe1f1.

Satin

Pengaturan Satin

Color Overlay

Klik juga pada bagian Color Overlay. Dan berikan warna putih (#ffffff). Untuk mendapat kesan cahaya yang menyala terang pada teks.

Color Overlay

Pengaturan Color Overlay

Stroke

Dan berikan Stroke berukuran 2px dengan warna #f7aad0.

Stroke

Pengaturan Stroke

Terakhir lakukan pengaturan yang sama pada teks “light” hanya bedakan pada pemilihan warnanya. Dan seperti inilah hasil akhirnya.

Hasil Akhir Teks Neon

Hasil Akhir Teks Neon

Penutup

Untuk menonjolkan efek neon, sebaiknya gunakanlah warna – warna yang cerah pada teks dan latar belakang yang cenderung gelap. Hal ini dikarenakan neon identik menyala pada malam hari. Jangan lupa, hal yang terpenting lainnya yaitu pengaturan pada Drop Shadow, karena pada pengaturan tersebut akan memberikan efek cahaya dari teks neon itu sendiri. Selamat mencoba :D

Tag: , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. ridho mohamad syarizal says:

    itu font stylenya pake yang apa?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.