Tutorial Photoshop: Text Effect Shiny Gold

Tutorial Photoshop: Text Effect Shiny Gold

Tutorial Information

ProgramAdobe Photoshop
VersionCreative Suite
DifficultyStandar
Estimated Time20 Menit
DownloadClick this link

Pernah penasaran dengan cara membuat teks yang seolah terbuat dari emas, seperti yang bisa kita lihat di logo es krim Wall’s Magnum? Rahasianya cuma…

Pernah penasaran dengan cara membuat teks yang seolah terbuat dari emas, seperti yang bisa kita lihat di logo es krim Wall’s Magnum? Rahasianya cuma yaitu Photoshop editing. Dalam tutorial kali ini saya akan tunjukkan cara membuat teks dengan efek emas (Gold Effect) yang terkesan eksklusif dan menyerupai emas sesungguhnya. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Buat Lembar Kerja

New project

Membuat Lembar Kerja

Buat lembar kerja baru, klik File > New  atau tekan Ctrl+N. Isikan ukuran lembar kerja dengan ukuran Width 1240 dan Height 640 pixel.

Buat Tekstur Background

Sebelumnya, download terlebih dahulu gambar tekstur pada download source di informasi tutorial. Buka file tekstur kayu gelap, klik File > Open (Ctrl+O). Terlebih dahulu putar posisinya sehingga serat kayu dalam posisi horizontal Image > Rotate Canvas > 90° CW, kemudian copy gambar (Ctrl+C).

Klik lembar kerja yang sudah dibuat tadi dan paste (Ctrl+V) gambar tekstur kayu di atasnya. Lakukan paste sekali lagi dan geser posisi gambar sampai seluruh halaman tertutupi tekstur kayu, klik Layer > Merge Layers  atau tekan Ctrl+E, kini tekstur sudah menjadi satu kesatuan layer. Berikut adalah teknik yang digunakan untuk menciptakan tekstur kayu yang tampak real:

Spotlight Brown

a. Efek spotlight: Buat layer baru,  gunakan warna kuning pucat, klik Gradient Tool, pilih Radial Gradient. Gradasi warna yang digunakan hanya kuning dan transparan (lihat gambar), untuk melihat pilihan gradasi warna klik tanda panah di samping preview warna. Tarik kursor mulai dari tengah menuju ke luar tepi halaman. Set Opacity 67% dan ubah Blending Mode menjadi Soft Light.

b. Nuansa coklat gelap: Buat layer baru dan tuang warna coklat gelap (#412204). Set Opacity 74% dan ubah Blending Mode menjadi Multiply.

Pengeditan Teks

Edit Teks

Pengeditan Teks

Tulis kata yang diinginkan menggunakan warna putih. Klik kanan layer tulisan tersebut dan klik Duplicate Layer.

Memberikan Gradient Overlay pada Teks

Klik layer duplikasi tulisan, kemudian klik Layer > Layer Style > Gradient Overlay untuk memberikan efek pada tulisan. Menentukan gradasi warna emas: klik preview gradasi untuk memilih warna, gunakan #f7eead untuk gradasi terang dan #c1ac51 untuk gradasi gelapnya. Lakukan penyesuaian seperti pada gambar, pastikan semua pilihan atau menu sama seperti pada gambar.

Gradient Overlay

Pengaturan pada Gradient Overlay

Memberikan Bevel and Emboss pada Teks

Jangan mengklik OK terlebih dahulu, lakukan langkah-langkah pada halaman ini sampai semua selesai. Klik dan centang opsi Bevel and Emboss, lakukan penyesuaian seperti pada gambar.

Bevel and Emboss

Bevel and Emboss

Memberikan Inner Glow pada Teks

Berikutnya adalah membuat tepian sehingga menghasilkan semburat semi tembaga, klik dan centang Inner Glow dan lakukan penyesuaian seperti pada gambar. Warna yang digunakan adalah warna merah bata (#f08002). Double-click kotak kecil berwarna-nya untuk mengubah warna. Lakukan penyesuaian seperti pada gambar. Pada bagian ini, sudah diperbolehkan mengklik tombol “OK” :)

Inner Glow

Pengaturan pada Inner Glow

Memberikan Bevel and Emboss pada Teks

Sekarang pindah ke layer text/tulisan yang asli (bukan hasil copy), klik layernya dan lakukan pemberian efek Layer > Layer Style > Bevel and Emboss. Lakukan penyesuaian seperti pada gambar.

Bevel and Emboss pada Teks

Pengaturan pada Bevel and Emboss

Memberikan Outer Glow pada Teks

Masih pada halaman yang sama, tambahkan efek bersinar pada tulisan. Klik dan centang Outer Glow, kemudian lakukan penyesuaian seperti pada gambar. Klik “OK”.

Outer Glow

Pengaturan Outer Glow

Menambahkan Efek Berkilau

Untuk menambahkan efek berkilau, klik Brush dan di Toolbar, pilih Assorted Brushes dan klik bentuk kilauan seperti pada gambar. Perbesar ukuran menjadi 38px dengan menggeser parameter yang ada di pilihan tipe brush. Buat layer baru di atas layer tulisan dan stempel pada sudut-sudut tulisan yang diinginkan. Ingat, jangan terlalu berlebihan bila tidak ingin kesannya malah jadi murahan.

Menambahkan Efek Berkilau

Menambahkan Efek Berkilau

 

Hasil Akhir Shiny Gold

Hasil Akhir Shiny Gold

Warna emas itu sangat mendominasi, karakternya sangat kuat jadi gunakan paduan yang memiliki style yang sederhana. Dalam tutorial ini saya menggunakan tekstur kayu gelap. Selalu ingat bahwa penggunaan efek ini haruslah disesuaikan dengan style yang dibutuhkan, yang mana biasanya adalah glamor, ekslusif, private, dan mahal. Because too much style can kill you. Selamat mencoba :)

Tag: , , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.