Ultimate Windows Tweaker untuk Tweaking Windows Lebih Mudah

Ultimate Windows Tweaker untuk Tweaking Windows Lebih Mudah

Mungkin pengguna Windows ingin melakukan tweaking atau optimalisasi Windows yang ada pada komputernya, namun tidak tahu apa yang harus dilakukan. Ingin utak atik sistem…

Mungkin pengguna Windows ingin melakukan tweaking atau optimalisasi Windows yang ada pada komputernya, namun tidak tahu apa yang harus dilakukan. Ingin utak atik sistem tapi takut jika satu kesalahan saja membuat sistem rusak? Ingin membuat Windows tidak lemot tapi malah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan? Nah, ada sebuah freeware yang merangkum berbagai macam kebutuhan utak atik sistem dengan hanya beberapa klik saja yaitu Ultimate Windows Tweaker.

Download

Freeware Ultimate Windows Tweaker 2.2 bisa di unduh di sini. Setelah di unduh, ekstrak arsip hasil unduhan lalu jalankan aplikasi Ultimate Windows Tweaker.

Lalu apa saja fitur-fitur yang dimiliki oleh Ultimate Windows Tweaker? Pada panel kiri Anda bisa melihat ada beberapa kategori tweaking yang bisa Anda lakukan pada Windows.

System Information

Pada bagian ini Anda bisa melihat informasi dasar dari komputer dan Windows yang dipakai. Sama halnya dengan melihat properties dari sistem Windows Anda, di sini terdapat versi Windows, rating atau Windows index experience, processor dan RAM yang dipakai, sampai nama komputernya.

Ultimate Windows Tweaker

Personalization

Pada kategori ini Anda bisa melakukan tweaking untuk sesuatu yang berhubungan dengan kenyamanan pengguna. Ada bagian Windows Explorer untuk tweaking dan optimalisasi Windows Explorer, Costumize Start Menu untuk tweaking start menu, dan Taskbar appearance untuk kostumisasi taskbar Windows.

Tampilan Personalization pada Ultimate Windows Tweaker

User Accounts & UAC

Kategori ini merupakan tempat Anda untuk melakukan berbagai pengaturan terkait dengan User Accounts dan UAC pada Windows. Anda bisa melakukan kostumisasi pada Welcome Screen seperti menampilkan Verbose Status Message dan mengganti logon screen. Pengaturan dan tweaking bisa ditentukan berdasarkan user yang ada pada Windows.

Tampilan User Acocount pada Ultimate Windows Tweaker

System Performance

Sesuai namanya, kategori ini berfungsi untuk tweaking performa sistem dan mengatur apa saja yang bisa dilakukan sistem agar Windows bisa berjalan sesuai dengan keinginan. Anda bisa mengatur waktu tunggu untuk mematikan service atau aplikasi yang berjalan saat shutdown, atau mengatur service mana saja yang Anda aktifkan atau tidak.

Tampilan System Performance pada Ultimate Windows Tweaker

Security Settings

Kategori ini berhubungan dengan pengaturan yang berhubungan dengan keamanan sistem. Berguna jika komputer dipakai untuk banyak orang agar menjaga sistem tidak diutak atik oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Ada beberapa macam pembatasan yang bisa diatur seperti disable registry editor, disable Task Manager dan lainnya. Selain itu ada pula pengaturan Windows Update.

Tampilan Security Settings pada Ultimate Windows Tweaker

Network Tweaks

Network tweaks memiliki fitur pengaturan hal-hal yang berhubungan dengan jaringan atau internet. Salah satunya adalah pengaturan bandwith optimization. Beberapa pengaturan ini mungkin perlu jika komputer terhubung dalam jaringan untuk meningkatkan keamanan data dan kenyamanan pengguna.

Tampilan Network Tweaks pada Ultimate Windows Tweaker

Internet Explorer

Bagi pengguna Internet Explorer, Ultimate Windows Tweaker juga memiliki fitur untuk optimalisasi browser bawaan Windows ini. Terdapat banyak jenis pengaturan yang bisa diterapkan pada IE seperti pengaturan tab, menu, download folder, smart screen, dan pembersihan cache.

Tampilan Internet Explorer pada Ultimate Windows Tweaker

Additional Tweaks

Ini adalah fitur untuk tweak tambahan yang bisa diterapkan pada Windows. Seperti pengaturan compress drive, enkripsi file system NTFS, dan Virtual memory.

Tampilan Additional Tweaks

Ultimate Windows Tweaker ini dapat digunakan pada Windows Vista dan Windows 7 (32-bit atau 64-bit).  Sebagai saran, buatlah restore points sistem untuk berjaga-jaga jika setelah kita melakukan tweaking Windows Anda jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Pada aplikasi ini juga menyediakan fitur Create Checkpoint serta Restore Defaults untuk mengembalikan seluruh konfigurasi ke default.

Tag: , , , ,

2 Comments

Leave Comment
  1. Andri Wisnu says:

    betah-betah…..saya betah lama-lama di blog ini. infonya bener-bener asik, thank, semangat terus

  2. Makasih kunbal yah
    reynaghgaul.blogspot.com

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.