Upgrade Ubuntu 12.04 ke 12.10 Quantal Quetzal

Upgrade Ubuntu 12.04 ke 12.10 Quantal Quetzal

Tutorial Information

VersionUbuntu 12.04
DifficultyPemula
Estimated Time10 Menit

Ubuntu 12.04 adalah Ubuntu versi terdahulu dengan kode nama Precise Pangolin, kemudian sekarang Canonical sebagai perusahaan yang mengembangkan Ubuntu telah mengeluarkan versi beta untuk…

Ubuntu 12.04 adalah Ubuntu versi terdahulu dengan kode nama Precise Pangolin, kemudian sekarang Canonical sebagai perusahaan yang mengembangkan Ubuntu telah mengeluarkan versi beta untuk Ubuntu 12.10. Dalam waktu dekat akan menjadi versi final, namun jika Anda tidak sabar untuk menunggu versi final dari Ubuntu 12.10 ini keluar, Anda bisa mengunduh ISO-nya kemudian install ulang. Bagaimana jika Anda tidak ingin men-install ulang namun tetap bisa menikmati Ubuntu 12.10 versi beta? Caranya adalah dengan men-Upgrade Ubuntu Anda.

Ada dua cara Upgrade tanpa harus install ulang yang bisa Anda lakukan, yaitu melalui mode via terminal atau  melalui GUI.

Upgrade Ubuntu Via  Update-Manager

Menggunakan Update-Manager sebenarnya merupakan cara termudah untuk melakukan update (raltif), karena update-manager akan memberitahukan kepada Anda ketika versi terbaru muncul.

Update-Manager

Untuk membuka aplikasi update-manager ada dua cara yaitu dengan mengetikkan update-manager di kolom pencarian dashboard Ubuntu Anda, atau dengan menekan kombinasi tombol ALT + F2 kemudian ketikkan Update-Manager.

update-manager

Notification Update

Setelah aplikasi Update-Manager terbuka, maka aturlah agar aplikasi Update-Manager menjadi aktif untuk memberikan pemberitahuan ketika ada update atau upgrade dari software, termasuk dari Ubuntu sendiri. Klik Settings  seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.

update ubuntu

Aktifkan menu Notify me of New Ubuntu Version. Ini berfungsi untuk memberitahukan Anda jika ada release terbaru dari Ubuntu.

ubuntu

Langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah Ubuntu versi terbaru telah keluar atau tidak, dengan mengklik tombol Check seperti pada gambar.

ubuntu

Jika Ubuntu versi terbaru telah keluar maka sudah saatnya Anda untuk memperbarui Ubuntu Anda.

upgrade ubuntu

Demikian cara Upgrade Ubuntu melalui aplikasi Update-Manager. Langkah ini tergolong cukup mudah karena Anda dihadapkan dengan menu berbasis GUI yang dengan mudah Anda pahami.

Upgrade Ubuntu Via Terminal

Untuk melakukan Upgrade melalui terminal tergolong cukup mudah. Itu jika Anda cukup familiar dengan terminal. Ikut langkah singkat berikut untuk men-Upgrade Ubuntu Anda melalui terminal.

  1. Buka aplikasi Terminal dengan cara menekan kombinasi tombol ALT + F2 kemudian ketikkan terminal.
  2. Setelah jendela terminal terbuka maka salin kemudian tempel perintah berikut
    sudo apt-get install update-manager-core
  3. Buka Update-Manager dengan perintah ini
    sudo nano /etc/update-manager/release-upgrades

    Pastikan yang tampil pada layar Terminal Anda seperti yang  pada gambar berikut ini
    Upgrade-Ubuntu
    Selanjutnya tekan kombinasi CTRL + X untuk kemudian tombol Y untuk menyimpan hasil editan Anda.

  4. Setelah Anda sukses dengan langkah nomor 3, lanjutkan dengan perintah berikut ini
    sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade
  5. Proses nomor 4 mungkin akan memakan sedikit waktu, itu tergantung dari koneksi internet Anda. Jika proses tersebut telah selesai maka lanjutkan dengan perintah berikut
    sudo do-release-upgrade

Kesimpulan

Demikian langkah sederhana untuk meng-upgrade Ubuntu 12.04 ke Ubuntu 12.10 . Jika Anda merasa nyaman dan cukup dengan versi Ubuntu yang Anda miliki sekarang, maka saya sarankan untuk tidak men-Upgradenya. Ingat jika Anda men-upgrade sekarang, maka versi Ubuntu yang Anda dapatkan hanyalah versi beta karena versi final belum release.

Tag: , ,

11 Comments

Leave Comment
  1. Egga says:

    Lagi galau nih pilih upgrade ke 12.10 atau tetap di 12.04 LTS yah? Saya rasakan sekarang 12.04 saya masih cukup nyaman digunakan. Tp saya juga penasaran dengan 12.10. Jadi lebih enak upgrade atau ga ya?

  2. gunawan says:

    pak, jika saya upgrade dari 04 ke 10 apakah aplikasi2 yg sudah saya instal akan hilang? seperti gimp, wine, eclipse, dll?

    • Saatul Ihsan Saatul Ihsan says:

      Tidak hilang kalau update via synaptic atau ubuntu update. Tapi kalau fresh install ubuntunya, baru hilang

      • gunawan says:

        terimakash pak infonya sangat membantu.
        sy lg belajar pake linux. sudah 1smster ini smua pkerjaan office sy pake ubuntu.
        oya tanya lg. sy pernah liat ada artikel2 di intrnet yg katanya udah ada kernel 3.6.9 utk ubuntu. apkah bnar itu? perbedaannya apa dg kernel aslinya?

  3. Thanks Mr. Saya jadi nambah ilmu nih

  4. Tito says:

    Makasih banyak atas berbagi Ilmunya, Gan

  5. Fauzi says:

    Cara Upgrade 12.04 ke Ubuntu 14.04 LTS gimana kang?

  6. Ilham Risalo says:

    Mas, ko update managernya dibuka malah muncul error ‘E: type ‘see’ is not known online 3 in source list/etc/apt/sources.list’.jadinya gk bisa update.

    terima kasih

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.