WinFF GUI Converter Video dan Audio di Linux

WinFF GUI Converter Video dan Audio di Linux

Pendahuluan Proses konversi (converting) file video maupun audio ke file type lainnya, dimaksudkan untuk memperkecil ukuran file (sehingga hemat tempat), memperoleh hasil yang lebih…

Pendahuluan

Proses konversi (converting) file video maupun audio ke file type lainnya, dimaksudkan untuk memperkecil ukuran file (sehingga hemat tempat), memperoleh hasil yang lebih bagus dalam hal kualitas audio dan video, maupun untuk dibuatkan server streaming. Selain itu juga memudahkan dalam memainkannya di perangkat mobile yang kita gunakan, misal ke handphone, smartphone, PC tablet, MP3/MP4 Player, dan lainnya.

Di Linux tersedia beragam aplikasi open source untuk Anda yang memerlukan konverter (pengubah) format file video dan audio maupun video ke audio. Anda juga bisa mengambil file audionya saja dari sebuah file video, misal konversi file MP4 untuk anda simpan sebagai format MP3 dengan hanya mengambil audionya saja. Perangkat lunak open source converter ini antara lain WinFF, Arista Transcoder, Transmagedddon, dan lainnya. Panduan ini akan membahas mengenai WinFF, dimana engine yang dipakai adalah FFMPEG yang dibalut dengan GUI. Selengkapnya mengenai perangkat lunak ini dapat disimak di http://www.winff.org

 

Install WinFF di Ubuntu 11.04

Hal pertama yang harus dilakukan adalah instalasi. Pada panduan ini digunakan Ubuntu 11.04. Instalasi dapat dilakukan melalui Software Center ataupun Synaptic dengan mengetikkan WinFF atau pergilah ke kategori multimedia. Untuk proses instalasi bisa menggunakan koneksi internet atau secara offline menggunakan kepingan DVD repository. Biarkan proses instalasi berjalan hingga selesai.

Software Center Ubuntu

 

Search Winff

Untuk pengguna distro selain Ubuntu, silahkan merujuk ke repository distro Anda atau ke panduan instalasi di website WinFF di atas.

Setelah terinstall silahkan cek di menu Aplikasi > Suara dan Video > WinFF.

Mencari Lokasi Winff


Setelah terinstall dan berhasil ditemukan di lokasi di atas, Anda bisa mulai menjalankan WinFF.

Tampilan Awal Winff

Mulai Menkonversi (Studi Kasus Video ke Audio)

Untuk panduan ini, mari kita mulai dengan menyediakan sebuah file video. Anda bebas menentukan video apa saja. Dalam hal ini penulis mengunduh sebuah video di Youtube untuk kemudian akan dikonversikan ke bentuk audio menjadi file MP3. Cukup klik  Browse dan cari lokasi file video berada. Kemudian ubah ke bentuk audio atau video dengan menggunakan menu Convert to. Jangan lupa memilih Preset. Dalam hal ini diubah ke audio dengan preset MP3. Anda juga bisa mengubah ke bentuk OGG. Lokasi output juga bisa Anda tentukan sesuai keinginan, misal di /home/user-anda.

Mengubah Video ke Audio Mp3

 

Pemilihan Hasil Convertan

Setelah semuanya OK, lakukan proses converting. Lamanya bergantung sejauh mana tingkat kesulitan dan besarnya file. WinFF akan membuka sebuah terminal untuk menampilkan kepada anda proses yang dilakukan (bit, frame, dan lainnya), hingga proses selesai.

Tampilan Proses Converting

 

Tampilan Proses Converting Selesai

Sampai di sini panduan singkat ini berakhir. Silahkan anda eksplorasi lebih jauh lagi terhadap berbagai menu yang disediakan oleh WinFF dan kemampuannya dalam melakukan konversi file multimedia. Selamat mencoba dan be legal

 

Penutup

Dunia Linux dan FOSS dengan kemerdekaan perangkat lunak di dalamnya memberikan banyak nilai positif dibandingkan sekedar gratis saja. Dengan open source, Anda tidak terikat pada suatu vendor sehingga bebas menentukan pilihan, menggunakan dan memodifikasi sesuai keperluan.

Demikian juga untuk dunia multimedia, desain grafis, dan editing video maupun film, Linux dan FOSS dapat digunakan dengan baik oleh siapapun juga. Tidak harus menjadi seorang expert user untuk bisa menggunakan Linux dan FOSS. Seringlah menggunakannya, maka anda akan terbiasa. Tidak perlu menggunakan sustem operasi dan aplikasi bajakan. Be legal. Salam :)

Tag: , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. adiet_where says:

    apakah sudah bisa untuk 12.04 pak?

  2. mariyana says:

    thanks informasi nya mantapks

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.