Sulit Mengakses Website? Flush DNS Bisa Menjadi Solusi

Sulit Mengakses Website? Flush DNS Bisa Menjadi Solusi

Dari sekian masalah kegagalan sambungan internet, Flush DNS merupakan bagiannya. Hal ini dikarenakan masa cache yang sudah expired belum terganti oleh cache baru. Beberapa…

Dari sekian masalah kegagalan sambungan internet, Flush DNS merupakan bagiannya. Hal ini dikarenakan masa cache yang sudah expired belum terganti oleh cache baru. Beberapa langkah singkat dapat Anda lakukan untuk mengatasinya, baik berbasis browser ataupun pada sistem operasi. Pada artikel kali ini, Penulis berbagi pengetahuan tentang Flush DNS, Apa dan kenapa? Anda bisa menemukannya pada tulisan kali ini.

DNS Cache

Merupakan sebuah database kecil tempat penyimpanan seluruh alamat IP yang telah diakses menggunakan perangkat komputer Anda. Pada sisi komputer client, tujuannya tidak lain adalah kemudahan akses pada sebuah server website. Sedangkan pada server, hal ini akan mengurangi beban akses ketika server diakses secara bersamaan. Umumnya, setiap cache tersimpan akan memiliki TTL (Time To Live). Yaitu sebuah nilai waktu hidup sebuah cache sebelum tergantikan oleh cache baru. Penggunaan teknologi cache memiliki manfaat seperti penulis sebutkan sebelumnya. Namun, terdapat sisi kekurangan lain dari teknologi ini perlu Anda ketahui diantaranya :

  • Waktu propagasi, Dimana waktu rentang antara perubahan cache lama dan baru. Penulis mengambil contoh penjelasan dari Wikipedia. Jika seorang administrator telah mengatur TTL selama 6 jam untuk host www.wikipedia.org, kemudian mengganti alamat IP dari www.wikipedia.org pada pukul 12:01, administrator harus mempertimbangkan bahwa ada (paling tidak) satu individu yang menyimpan cache jawaban dengan nilai lama pada pk 12:00 yang tidak akan menghubungi server DNS sampai dengan pk 18:00. Periode antara pk 12:00 dan pk 18:00 dalam contoh ini disebut sebagai waktu propagasi (propagation time), yang bisa didefiniskan sebagai periode waktu yang berawal antara saat terjadi perubahan dari data DNS, dan berakhir sesudah waktu maksimum yang telah ditentukan oleh TTL berlalu. Terkadang beberapa kegagalan akan dapat Anda temui ketika melakukan akses pada website tersebut dalam propagation time, Karena resolver cache Anda masih menggunakan versi lama
  • Memungkinkan adanya DNS Poisoning, hal ini bisa pula terjadi mengingat adanya propagation time tadi. Bisa saja anda masih menggunakan cache dengan pengaturan sedemikian rupa, otomatis jika Anda login pada fake website password dan akun anda akan dimiliki.

Maka pada bagian inilah, flushing dns akan menjadi sangat berguna bagi perangkat komputer milik Anda.

Flushing DNS

Secara definitif, flush diartikan siraman atau membersihkan. Menurut Penulis, hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan segala cache pada browser maupun komputer milik Anda. Langkah ini dilakukan untuk melakukan penghapusan pada cache lama, dan mendapatkan cache baru yang lebih baik. Sehingga minimal akan didapatkan keuntungan yaitu miss komunikasi akan terkurangi daripada sebelumnya. Penulis mencoba berbagi cara flush pada sistem operasi Linux, Windows, dan Mac OS serta browser.

Browser

Beberapa browser terkemuka sudah menyediakan fitur flush DNS pada sistemnya, Misalkan saja Google Chrome dan Mozilla Firefox. Bahkan beberapa plugin pun juga telah disediakan untuk melakukan flush DNS. Penulis kali ini mencoba melakukannya secara manual pada Google Chrome. Penulis mengawalinya dengan membuka aplikasi Google Chrome, ketikan “chrome://net-internals/#dns” maka list dari cache DNS pada browser akan ditampilkan.

DNSFlushChrome

Pada tabel tersebut akan terlihat bagian mana cache sedang aktif dan expired. keseluruhan cache bisa Anda dapatkan dengan melihat current state, pada bagian atas table. Namun yang perlu diperhatikan pula pada bagian ini adalah kesesuaian setting waktu dan tanggal komputer milik Anda dengan penyedia layanan. Pada penampilan tersebut, TTL diambil dari waktu pada server. Kalaupun waktu Anda berbeda, otomatis cache akan dianggap expired. Untuk melakukan flush dns, click pada tombol “Clear host cache“.

Otomatis ketika tombol tersebut Anda click, cache akan terhapus begitu saja. Dan Browser Anda akan kembali mendapatkan cache baru dari website yang Anda akses. Sedangkan untuk firefox, Anda lebih baik menggunakan Add-ons yang memang sudah disediakan oleh pengembang.

Sistem Operasi

Windows

Penulis mengawalinya dengan melakukan pengecekan dari DNS Cache pada Windows. Anda bisa melakukannya dengan Command Prompt pada Windows, ada baiknya Anda membukanya sebagai Administrator. Caranya buka menu – ketikan cmd atau command prompt – Run as Administrator. Atau Anda bisa menggunakan run (tombol windows + r) ketikan cmd. Ketika telah terbuka ketikan ipconfig/displaydns maka beberapa list cache dns akan ditampilkan

DNS Flush cmd

Untuk membersihkan cache tersebut, Anda hanya perlu mengetikan ipconfig/flushdns maka cache akan dibersihkan secara otomatis. Anda bisa melakukan pengecekan sekali lagi jika Anda kurang yakin pada perintah tersebut.

Linux

Penulis di sini menggunakan ubuntu 14.04.1. Untuk melakukan pembersihan DNS Cache pada Ubuntu, Anda bisa melakukannya dengan melakukan install aplikasi nscd. Nscd merupakan kependekan dari Name Service Caching Daemon. ketika di install, secara otomatis akan menjadi service autorun ketika ubuntu dihidupkan. Untuk melakukan install, Anda bisa mengetikan

sudo apt-get install nscd

Sedangkan untuk melakukan pembersihan DNS Cache pada ubuntu ada bisa menuliskan pada terminal

sudo /etc/init.d/nscd restart

Atau jika Anda aplikasi ini sudah Ada pada service sistem operasi, Anda dapat dengan mudah melakukan restart pada service nya dengan menggunakan perintah

sudo service nscd restart

 

Panduan manual nscd sudah ditulis secara lengkap pada halaman manual ubuntu, sehingga hal ini akan berguna bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam.

Mac Os

Sama hal nya dengan kedua sistem lainnya, Anda bisa memulai dengan menggunakan terminal untuk melakukan pembersihan DNS Cache pada OSx. Akses terminal lewat utilites atau lewat search. ketikan dscacheutil -flushcache

DNS Flush Mac

Penulis disini menggunakan OSx Mavericks, Akan ada sedikit perbedaan pada tiap Sistem OSx yang Anda gunakan ketika melakukan aksi flushing cache

Flushing DNS pun terkadang berguna bagi Anda yang sedang mengembangkan website. Anda sudah melakukan pembersihan cache dan history namun perubahan belum nampak. Anda bisa melakukan hal ini, mungkin saja cache dns nya sedang bermasalah.

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

31 Comments

Leave Comment
  1. Nice artikel gan.
    CTRL F5 atau hard refresh berguna sekali untuk mengakses situs2 yang menggunakan caching.

  2. angga says:

    mantap gan, tapi bikin mumeng aja ya

  3. Emi S says:

    Sy juga sering pake cara ini biasanya kalau abis pindah hosting tapi kalau ga mempan juga pake proxy ujung2nya

  4. Promo spesial bulan suci ramadhan discount 20-50% untuk semua produk,& pembelian di atas 2 unit gratis satu unit samsung galaxy V, buruan stok terbatas
    jika minat silahkan hubungi Pin BB kami : 2A492856
    Promo hanya khusus Berlaku selama bulan suci ramadhan…!!!
    Ayoo Buruuaaannnn Orrdeerrr..!!!

  5. Newbie Tora says:

    Mantab,.
    Tapi jujur ini cara cukup ribet

  6. tukang.id says:

    saya coba dulu om.. soalnya ada gangguan juga nih..

  7. Memang diakui sering kok ketika mengakses suatu website muncul notifikasi eror, padahal kalau diakses menggunakan perangkat lain tidak demikian.

    Aku pernah punya pengalaman greget ketika menggunakan salah satu provider lokal dengan harga paketan internetnya yang lumayan murah, lah walaupun murah, terkadang ada beberapa website yang nggak bisa diakses, padahal ketika terkoneksi dengan provider lain bisa.

    Mungkin kalau bisa flushing dns ini seharusnya juga dilakukan secara reguler pada sisi provider.

  8. gadget says:

    mantap, ditunggu update an nya

  9. websitenya keren banget ….

  10. thanks gan, saya sempat kebingungan tidak bisa download file dari kumpulbagi, tapi ternyata masalahnya cuma ada di DNS saja.

  11. Situs Target says:

    Abis setting domain baru atau pindah ke server baru nih penting. Terima kasih sharingnya ya. ^^

  12. Kopi Hijau says:

    bener banget aku juga kayaknya nanti mau pake flush dns nih, biar makin mantep deh, terima kasih yah tambahan infonya

  13. Qorisme says:

    jadi ini penyebabnya beberapa website yang ane kunjungi gak dapat diakses. tutorialnya winnya gampang diikuti. thanks

  14. MogaMugi says:

    Walah bener min berhasil, tadi blog saya ga bisa diakses setelah flush dns jadi bisa sekarang

  15. Bartolomeong says:

    Sebenernya flushdns ini bukan cuma utk fix masalah sulit akses website, tapi bisa juga jadi solusi bagi yg susah konek wifi rumahan :D

  16. infokom 251 says:

    Mantap bang, Flushibg DNS perlu dicoba nih.

    Salam

  17. Sienta says:

    Mau tanya klo kita punya provider hosting, bagaimana cara cek apa servernya itu menggunakan Fasilitas Flushibg DNS atau tidak?

  18. Terimakasih infonya, sekarang saya sudah bisa mengakses website tanpa halangan

  19. kharisma says:

    IZIN POST YA MIN..

    Ingin Menang Puluhan Juta Hanya Dalam Waktu Sehari??
    Bukan MIMPI Lagi!!!

    Situs Domino Online yang akan Membuat MIMPI Anda Menjadi Kenyataan
    Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,5% / Hari
    Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup

    Info Lebih Lanjut
    BBM : 2BB20CA6
    Telp / WA : +85592428353

    SALAM JAYA TERUS
    ~~KHARISMA88~~

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.